HOSS Ke-31, Paroki Sto Klaus Kuwu Adakan Misa dan Pelayanan Kesehatan Gratis bagi Umat

redaksi - Minggu, 12 Februari 2023 17:00
HOSS Ke-31, Paroki Sto Klaus Kuwu Adakan Misa dan Pelayanan Kesehatan Gratis bagi UmatPastor Paroki St. Klaus Kuwu Post bersama petugas kesehatan dari UPTD Puskesmas Wae Mbeleng, bertempat di halaman Pastoran, Sabtu, 11 Februari 2023. (sumber: Jivansi)

KUWU (Floresku.com) - Memperingati Hari Orang Sakit Sedunia (HOSS) ke-31 tahun 2023, Paroki St. Klaus Kuwu, Keuskupan Ruteng bekerja sama  dengan UPTD Puskesmas Wae Mbeleng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur  (NTT) mengadakan pelayanan kesehatan, berupa pemeriksaan dan pengobatan secara gratis bagi umat dan juga para suster dari komunitas biara yang ada di wilayah Paroki St. Klaus, pada Sabtu 11 Februari 2023.

Kegiatan pelayanan kesehatan yang dilangsungkan di halaman depan Gereja St. Klaus Kuwu tersebut terpantau lancar dan aman. 

Umat yang hadir pun begitu antusias dan senang bisa mengikuti kegiatan pelayanan kesehatan yang diadakan secara gratis tersebut.

Diketahui, sebelum kegiatan pelayanan kesehatan tersebut diadakan, umat Paroki St. Klaus-Kuwu terlebih dahulu mengikuti Perayaan Ekaristi sekaligus menerima sakramen pengurapan orang sakit yang dipimpin langsung oleh RD Daniel Sulbadri selaku Pastor Paroki, didampingi oleh  RD Eduardus Endi selaku Pastor Rekan, dan  RD Sirilus San Ketua BPH Unit Kuwu.

Kepada Floresku.com,  RD Eduardus Endi  mengungkapkan bahwa, HOSS adalah momentum spesial bagi setiap umat untuk menunjukkan rasa solidaritas dan belarasa dengan saudara/-i yang sedang menderita sakit, baik yang sakit fisik maupun yang punya gangguan mental, termasuk juga para lansia.

"Jadi, kegiatan hari Ini menjadi moment bagi kita untuk secara sungguh-sungguh memperhatikan mereka dengan segala kondisi mereka," ujarnya.

Lebih lanjut, RD Eduardus Endi menjelaskan bahwa senada dengan pesan Bapa Suci Paus Fransiskus dan menindaklanjuti himbauan Uskup Ruteng tertanggal 30 Januari 2023, Paroki St. Klaus Kuwu, melalui Seksi Liturgi dan Seksi Kesehatan Paroki mengadakan dua kegiatan besar, yakni: pertama, Perayaan Ekaristi sekaligus pemberian minyak suci bagi semua umat, terutama para lanjut usia (lansia), orang-orang sakit dan kaum disabilitas. 

Kedua, memberikan pelayanan kesehatan dan pengobatan secara gratis bagi umat.

"Misa yang dipadukan dengan pemberian minyak suci dilaksanakan di Gereja Kuwu dimulai jam 8 pagi. Setelah Misa dilanjutkan dengan pelayanan kesehatan dengan dibantu oleh para petugas kesehatan dari Puskesmas Wae Mbeleng," ujarnya.

Mengakhiri pembicaraannya, RD Eduardus Endi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam menyukseskan kegiatan memperingati HOSS ke-31 tersebut sembari berharap agar kegiatan yang diadakan tersebut menjadi awal yang baik untuk memupuk sikap solidaritas di antara umat Paroki St. Klaus Kuwu.

"Mari kita saling memperhatikan, saling merawat, dan juga saling mendoakan. Semoga karya pelayanan kita sungguh-sungguh berdaya guna bagi sesama. Karena itu, senada dengan motto kegembalaan Mgr Sipri,  mari kita lakukan semuanya itu dalam kasih (Omnia in Caritate). Kasih Tuhan menyembuhkan dan menyelamatkan kita semua," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Wae Mbeleng Hubertus Hasan menjelaskan bahwa, dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, pihaknya selalu memberikan yang terbaik dan juga selalu bekerjasama dengan lintas sektor serta membangun kemitraan dalam berbagai momen.

"Hari ini kami bermitra dengan Paroki St. Klaus-Kuwu dengan memberikan pelayanan Kesehatan secara gratis kepada umat yang hadir dalam perayaan ekaristi memperingat Hari Orang Sakit Sedunia (HOS) ke-31," terang Hubertus Hasan.

Lebih lanjut, Hubertus menjelaskan bahwa pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh hari ini mencakupi penimbangan berat badan, pengukuran tekanan darah, pemeriksaan laboratorium, dan pengobatan.

"Untuk pemeriksaan laboratoriumnya, yang kami cek adalah: gula darah, asam urat dan kholesterol. Dan umat yang kami layani hari ini berjumlah 77 orang. Mungkin karena cuaca yang kurang begitu bersahabat sehingga umat yang datang tidak begitu banyak. Namun, satu hal yang pasti bahwa, umat yang datang cek hari ini terlihat begitu antusias dan senang," pungkasnya. (Jivansi) ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS