In Memoriam Pater George Ludwig Kirchberger SVD

redaksi - Senin, 05 Juni 2023 21:25
In Memoriam Pater George Ludwig Kirchberger SVD Pater George Kirberger, SVD (sumber: Istimewa)

RIWAYAT HIDUP P.  GEORGE LUDWIG KIRCHBERGER, SVD ((* 27 Mei 1947 + 05 Juni 2023)

Pater Kirch (biasa disapa) lahir di Kastl, negara bagian Bavaria, Jerman. 

Pater Kirch adalah anak sulung dari pasangan sang ayah Ludwig Kirchberger dan Ibunda Elisabeth Kirchberger. 

Tahun 1953 Kirch muda masuk Sekolah di Kastl sampai 1958.

Sejak  tahun 1958 sampai tahun 1964 Pater Kirch belajar di  Missiongymanasium St. Peter Tirschenreuth. 
Tahun 1964 sampai tahun 1967 Pater Kirch belajar di Reuschling-Gymanasium Ingelstadt. Bulan Juli 1967 Pater Kirch menerima Ijasah ABITUR dari Reuchling-Gymansium tempat itu belajar.

Pada September 1967 Pater Kirch masuk Novisiat Serikat Sabda Allah (SVD) di St. Gabriel, Mödling, Austria.
Tahun 1968 sampai 1975 studi Filsafat dan Teologi di Staatlich anerkante Philosophisch-Theologische Hochshule St. Gabriel, Mödling, Austria.

Pada 11 Mei 1975 Pater Kirch ditahbiskan menjadi imam.  Juli 1975 menerima ijasah Magister der Theologische dari Universitas Wina, Austria.

Tanggal 10 Nopember 1975 Pater Kirch tiba di Indonesia, mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.
Terhitung sejak bulan Agustus 1976, Pater Kirch bertugas sebagai dosen dan formator di STFK Ledalero (saat itu).

Tahun 1983 sampai 1986 melanjutkan Pendidikan Licensiat dan Doktorat dalam Bidang Theologi di Philosophisch-Theologische Hoschschule SVD St. Augustine – Theologische Falultaet angeschlossen an das Pontificium Atheneum Sancti Anselmi de Urbe.

Setelah menyelesaikan Pendidikan jenjang doktoratnya dalam bidang Teologi, Pater Kirch Kembali ke Indonesia, mengabdi sebagai dosen di STFK Ledalero dan juga sebagai formator di Seminari Tinggi St. Paulus – Ledalero Maumere.

INFORMASI SINGKAT SAKIT DAN MENINGALNYA P. GEORGE LUDWIG KIRCHBERGER SVD

Dengan umur 76 tahun Pater Kirh seharusnya belum dikatakan terlalu tua untuk ukuran misionaris Eropa untuk meninggal. 

Namun Pater Kirch memiliki beberapa isu kesehatan yang sedang ditangani pihak medis seperti Hypertensi dan gangguan saluran pernapasan. 

Hari Minggu pagi, sekitar jam 05.30 Pater Kirch mendapat serangan jantung sehingga jatuh dari tempat tidurnya.

Pater Kirch dilarikan ke Klinik St. Elisabeth Nita untuk mendapat pertolongan. Seterunya dibawa ke RSU TC Hillers Maumere. 

Senin sore sekitar jam 16.30 kondisi Pater Kirch semakin kritis dan para dokter meminta untuk diberikan Sakramen Minyak Suci. 

Pada jam 19.44 waktu Indonesia tengah Pater Kirch menghembuskan nafasnya yang terakhir dalam damai di ruan ICU RSU TC Hillers Maumere , Flores.

Selamat Jalan Pater Kirch. Terima kasih banyak untuk semua kebaikan hidupmu yang sudah Pater dedikasikan untuk Gereja dan Negara Indonesia.

(Riwayat Hidup singkat ini ditulis oleh Pastor Hubertus Tenga, SVD Person In Charge dari Provinsi SVD Ende untuk urusan WNA - diambil dari data dan arsip yang tersimpan di Kantor KWI Perwakilam Maumere – Data dan Informasi Misionaris Warga Negara Asing di bawah Yurisdiksi Kantor Imigrasi Kelas II Maumere – Flores. Informasi sakit dan meninggal berdasarkan informasi dari Konfrater yang menangani kesehatan Pater Kirch). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS