Ingin Kaya sebelum Usia 40? Inilah 7 Kiatnya!

redaksi - Minggu, 10 Oktober 2021 23:17
Ingin Kaya sebelum Usia 40? Inilah 7 Kiatnya!Ilustrasi: Jadi kaya sebelum usia 40 tahun (sumber: www.successconsciousness.com)

JAKARTA (Floresku.com) - Menjadi kaya sebelum usia 40 tahun bukan hal yang mustahil. Berikut adalah tujuh kebiasaan uang yang harus diterapkan sebelum Anda berusia 40 tahun mengutip ‘CNBC Make It’.

1. Simpan dan investasikan secara bersamaan

Meskipun menyimpan semua uang di rekening tabungan terasa lebih aman, namun hal itu akan menghambat peluang Anda untuk mengembangkan kekayaan lebih cepat.

Untuk itu, sebaiknya buatlah rencana yang memungkinkan Anda untuk menabung, berinvestasi, dan tetap tidur nyenyak.

Anda bisa mengatur transfer otomatis untuk setiap periode pembayaran. Di mana 10 persen untuk berinvestasi, dan 10 ke rekening tabungan.

2. Jangan takut untuk berhenti dari pekerjaan Anda untuk pekerjaan yang lebih tinggi

Mengejar promosi, meminta kenaikan gaji, atau meninggalkan pekerjaan untuk pekerjaan yang bisa membayar lebih atau menawarkan lebih banyak peluang untuk kemajuan karier adalah hal tepat.

Dari peningkatan gaji di pekerjaan baru, bukan tidak mungkin Anda dapat meningkatkan gaji setidaknya 30 persen. Sehingga, ini bisa membuat Anda menabung dan berinvestasi lebih lebih banyak lagi.

3. Hindari gaya hidup mewah

Ketika Anda masih muda, setiap kenaikan gaji terasa seperti alasan untuk mendapatkan sesuatu yang lebih besar seperti liburan atau memiliki barang mewah. Sebaiknya tinggalkan pemikiran tersebut. Tetapkan aturan untuk tidak menghabiskan lebih dari 30% dari gaji bulanan.

4. Jangan membuat anggaran kaku yang tidak dapat Anda penuhi

Rencanakan penganggaran Anda yang agresif, seperti menghemat uang sebanyak mungkin. Meski sedikit sulit, namun ini sangat membantu.

Sebaiknya fokuslah pada otomatisasi semua pembayaran tagihan, termasuk investasi dan kontribusi tabungan. Dengan begitu, setiap uang yang masuk ke rekening Anda pada hari gajian adalah satu rupiah yang Anda mampu belanjakan.

5. Bangun hubungan profesional di awal karir Anda

Menjalin kembali hubungan profesional janganlah dianggap sebagai tugas yang menakutkan. Cobalah bersosialisasi dengan banyak orang asing sekaligus.

Hal tersebut membuat Anda membuka diri terhadap berbagai kesempatan untuk diraih, mulai dari sekedar berbagi informasi, pengetahuan, hingga kesempatan bisnis atau karier.

6. Awasi laporan kredit Anda setiap bulan

Kartu kredit terkadang menjadi musuh bagi siapapun yang ingin menabung. Berbagai kemudahan memungkinkan seseorang untuk memakai kartu kredit.

Sayangnya, dengan bunga dan denda akan membuat pelunasan menjadi sulit dan beban keuangan menjadi besar. Untuk itu, Anda harus lebih sesering mungkin mengecek kartu kredit Anda.

7. Gunakan penasihat keuangan

Tidak semua orang membutuhkan penasihat keuangan untuk mulai membangun kekayaan. Namun hal ini penting bagi mereka yang belum tahu bagaimana cara berinvestasi, menabung, dan mengelola pengeluarannya.(*)

Tulisan ini telah tayang di sijori.id oleh Pungki pada 10 Oct 2021 

Editor: Redaksi

RELATED NEWS