Ini 7 Hal Seru Lagi Menggiurkan yang Tersimpan di Mandalika, Lombok

redaksi - Sabtu, 12 November 2022 17:03
Ini 7 Hal Seru Lagi Menggiurkan yang Tersimpan di Mandalika, LombokMandalika, Kabupaten Lombok Tengah, NTB (sumber: www.indonesia.travel)

MANDALIKA (Floreskku.com) - Siapa tak kenal Mandalika? Mandalika adalah  nama  dari sebuah wilayah pesisir yang berada di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).  

Nama Mandalika sendiri berasal  cerita rakyat Lombok.  Nama itu merupakan nama dari seorang putri sebuah kerajaan yang bernama Negeri Eberu yang pernah berkuasa di kawasan yang dikenal sebagai Mandalika, Lombok, Pronv. 

Dalam beberapa tahun terakhir, Mandalika berkembang menjadi sebuah destinasi ini banyak diperbincangkan karena menyimpan potensi pariwisata yang menggiurkan. 

Tak heran bila Mandalika, Lombok dipilih menjadi salah satu deretan destinasi super prioritas dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sejak tahun 2014. 

Dengan fakta ini,  kawasan dengan luas 1.035 hektare itu menayguhkan panorama wisata yang stimewa.

Penasaran apa saja yang bisa ditemukan di sini? Nah, simak  yuk! 7 hal seru yang bisa ditemukan saat berlibur ke Mandalika berikut ini.
 1 | Akses yang mudah karena letaknya yang berada di lokasi strategis

Eksotisme Pantai Kuta Mandalika, Lombok, NTB

Saat liburan ke Mandalika, Sobat Pesona nggak perlu khawatir tentang akses yang ada di sana. Sebab, jarak antar lokasi wisata, resor, hingga pasar untuk berbelanja kebutuhan terbilang cukup berdekatan. Banyak resor berbintang dan villa yang berada di sekitar Pantai Kuta. 

Jadi, Sobat Pesona bisa bebas berkeliling sambil bersantai baik dengan berjalan kaki atau naik sepeda.
 2 | Ragam pilihan pantai eksotis yang sayang untuk dilewatkan

Suasana pantai dengan kapal di Lombok saat malam hari

Sobat Pesona suka menikmati senja atau sekadar bermain air di pantai dengan air jernih dan pasir putih? Tenang! Mandalika punya ragam pilihan pantai eksotis yang siap membuatmu betah. 

Mulai dari Pantai Serenting yang menawarkan ketenangan yang merelaksasi pikiran, Pantai Seger yang kental akan budaya dan tradisi lewat perayaan Bau Nyale, hingga Pantai Tajung Aan yang terkenal dengan keindahan matahari terbenamnya. Semuanya lengkap dan bisa Sobat Pesona temukan di Mandalika, nih!
 3 | Berselancar dan menaklukan ombak yang menantang

Seorang laki-laki sedang berselancar di tengah gulungan ombak
image by ronnyvalstad

Suka berselancar? Nah, Mandalika adalah destinasi yang pas untuk menantang adrenalinmu, Sobat Pesona! Gulungan ombak yang sempurna dengan latar batu karang serta pantai yang indah bisa ditemukan di Pantai Mawi, Pantai Ubrug, atau Pantai Seger. Siapkan papan selancar dan ciptakan pengalaman seru yang tak terlupakanmu di sini, Sobat Pesona!
 4 | Jelajah kekayaan tradisi Nusantara di desa wisata

Warga lokal yang sedang melakukan pertunjukan bela diri

Menyaksikan adat budaya langsung di tempat asalnya pasti akan menjadi momen langka yang sulit terulang. Jika mendambakannya, Sobat Pesona bisa mendatangi desa wisata yang letaknya tidak jauh dari Mandalika, yaitu Desa Sade dan Desa Ende. 

Di sini, Sobat Pesona bisa mengenal lebih jauh tentang rumah adat Sasak, tarian tradisional, kain tenun songket, musik hingga kuliner khas Lombok. Membayangkannya saja sudah seru banget, ya!

5 | Pilihan akomodasi yang variatif dan nyaman

Deretan sepeda yang tersandar rapi di depan pantai

Soal urusan akomodasi, Mandalika pun memiliki pilihan yang bisa Sobat Pesona sesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Liburan bersama keluarga di hotel mewah atau menginap di villa dan resor, semuanya bisa ditemukan di sini, lho! Fasilitas yang ditawarkan juga pastinya sangat menunjang kenyamanan Sobat Pesona, mulai dari akses internet gratis, sarapan enak, bar, gym, kolam renang, dan masih banyak lagi. 

6 | Suasana kota yang hidup dan menyenangkan

Pemandangan Kuta Mandalika dari kejauhan

Tak hanya kaya akan pesona pantai dan pemandangan alamnya, kawasan Mandalika juga memiliki fasilitas lengkap untuk jalan-jalan. 

Salah satu yang paling menarik ialah spot foto pusat Kuta Mandalika yang megah, lengkap dengan ruang terbuka, kafe kekinian, serta restoran yang menyuguhkan kuliner lokal hingga internasional. Paket lengkap banget gak, nih? 

7 | Sirkuit balap kelas dunia yang menakjubkan

Penampakan Sirkuit Mandalika lokasi berlangsungnya  MotoGP 2021
Image by motogpmandalika

Tidak bisa dipungkiri, destinasi terakhir ini termasuk salah satu incaran para wisatawan yang berkunjung ke Mandalika, apalagi kalau bukan Sirkuit Mandalika. Ya, sirkuit balap kelas dunia ini merupakan persembahan Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP 2021. 

Pemandangan di Sirkuit Mandalika pun sangat memanjakan mata, karena berlatar belakang keindahan pantai dan pegunungan yang asri.

Nah, itu tadi beberapa hal seru yang bisa Sobat Pesona temukan di Mandalika, Lombok. Selain destinasi unggulan seperti Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air, Gunung Rinjani, dan Bukit Merese, Sobat Pesona juga wajib banget rasanya mencicipi keindahan kepingan surga dunia lainnya yang ada di Mandalika. ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS