Inilah Khasiat Durian untuk Kesehatan

redaksi - Minggu, 03 Desember 2023 10:38
Inilah  Khasiat Durian untuk KesehatanDurian (sumber: Pexels.com/Tom Fisk)

JAKARTA - Durian merupakan buah khas yang tumbuh di Asia Tenggara. Buah ini dikenal dengan baunya yang khas, kulit berduri, daging kuning atau putih, serta rasa manis, gurih, dan creamy. Keunikan durian terletak pada aroma sangat kuat. Aroma tersebut disukai oleh beberapa orang dan dihindari oleh yang lainnya. 

Buah durian memiliki julukan sebagai "raja buah" di beberapa negara Asia. Durian kaya akan nutrisi dengan kandungan vitamin C, potasium, serat, dan zat besi. Dengan baunya yang khas, durian menjadi buah tropis yang sangat dihargai oleh pecinta kuliner di seluruh dunia.

Di balik rasa dan baunya yang sangat khas, ternyata buah ini mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa diantaranya seperti dilansir dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo.

1. Menambah Energi

Buah durian mampu memberikan 21 persen kebutuhan karbohidrat tubuh setiap 100 gramnya. Oleh karena itu, durian dapat menjadi sumber energi instan saat beraktivitas atau bekerja keras yang membutuhkan banyak tenaga dan konsentrasi pikiran.

2. Penangkal Depresi

Durian mengandung vitamin B6 yang berfungsi dalam produksi serotonin. Serotonin yang diproduksi oleh vitamin B6 dalam durian memiliki peran penting dalam melawan depresi dan menjaga kesejahteraan mental. 

Vitamin B6 dari durian dapat membantu meningkatkan mood dan menghadirkan efek positif terhadap kesehatan mental Anda, membantu melawan potensi gejala depresi.

3. Kulit Awet Muda

Durian kaya akan vitamin C yang berperan dalam menangkal radikal bebas dan melambatkan proses penuaan pada kulit tubuh dan wajah Anda. Vitamin C dalam durian memberikan perlindungan terhadap kerusakan akibat radikal bebas, membantu menjaga kesehatan kulit, dan memberikan efek anti-penuaan. Dengan mengonsumsi durian, Anda dapat menjaga kesehatan kulit.

4. Mendorong Kinerja Organ Pencernaan

Durian mengandung tingkat serat yang cukup tinggi yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja organ pencernaan. Dengan kandungan serat tersebut, durian dapat membantu mengoptimalkan proses pencernaan, mengatasi masalah seperti sembelit atau kesulitan buang air besar. Dengan mengonsumsi durian secara teratur, Anda dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mengurangi risiko masalah pencernaan umum.

5. Solusi Anemia

Durian mengandung folat, tembaga, dan zat besi, yang memiliki peran penting dalam mengatasi gejala anemia atau kekurangan darah. Kandungan nutrisi tersebut dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah, menjaga keseimbangan zat besi dalam tubuh, dan mengatasi masalah kesehatan yang terkait dengan kekurangan darah.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Bintang Surya Laksana pada 03 Dec 2023 

Editor: MAR
Bagikan

RELATED NEWS