Inilah Para Peraih Hadiah Nobel 2022, Kecuali Bidang Ekonomi

redaksi - Sabtu, 08 Oktober 2022 16:44
Inilah Para Peraih  Hadiah Nobel 2022, Kecuali Bidang Ekonomi Medali Hadiah Nobel 2022 (sumber: www.nobelprize.org)

 STOCKHOLM (Floresku.com) - "Pengumuman Hadiah Nobel tahun ini berlangsung 3-10 Oktober. Yayasan Nobel juga telah memutuskan untuk mengundang para pemenang Hadiah Nobel 2022 ke Pekan Nobel di Stockholm pada bulan Desember bersama dengan para pemenang tahun 2020 dan 2021. 

Upacara pemberian hadiah di Konserthuset Stockholm (Aula Konser Stockholm) dan acara perjamuan berlangsung di Balai Kota Stockholm.

Demikian tulis situs web resmi NobelPrize.org, awal pekan ini.

Lembaga pemberi hadiah Nobel itu telah memutuskan untuk mengumumkan keputusan hadiah 2022  kepada orang-orang dengan prestasi luar biasa di bidangnya masing-masing, sebagai berikut:

FISIOLOGI ATAU OBAT/KEDOKTERAN – Senin, 3 Oktober, 11:30 CEST
Majelis Nobel di Institut Karolinska, Wallenbergsalen, Forum Nobel, Nobel väg 1, Solna

Svante Pääbo dari Swedia

Majelis Nobel di Institut Karolinska telah memutuskan untuk memberikan Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran 2022 kepada Svante Pääbo atas penemuannya mengenai genom hominin yang punah dan evolusi manusia”.

Melalui penelitian perintisnya, Svante Pääbo mencapai sesuatu yang tampaknya mustahil: mengurutkan genom Neanderthal, kerabat manusia masa kini yang telah punah. 

Dia juga membuat penemuan sensasional dari hominin yang sebelumnya tidak dikenal, Denisova. Yang penting, Pääbo juga menemukan bahwa transfer gen telah terjadi dari hominin yang sekarang sudah punah ini ke Homo sapiens setelah migrasi keluar dari Afrika sekitar 70.000 tahun yang lalu. 

Aliran gen purba ke manusia masa kini memiliki relevansi fisiologis saat ini, misalnya mempengaruhi bagaimana sistem kekebalan tubuh kita bereaksi terhadap infeksi.

FISIKA – Selasa, 4 Oktober,  11:45 CEST
Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia (Kungl. Vetenskapsakademien, KVA), Sessionssalen, Lilla Frescativägen 4A, Stockholm. 

Alain Aspect, John F. Clauser dan Anton Zeilinger


Hadiah Nobel dalam Fisika 2022 diberikan kepada Alain Aspect, John F. Clauser dan Anton Zeilinger "untuk eksperimen dengan foton terjerat, menetapkan pelanggaran ketidaksetaraan Bell dan mempelopori ilmu informasi kuantum".

Hasil mereka telah membuka jalan bagi teknologi baru berdasarkan informasi kuantum.

KIMIA– Rabu, 5 Oktober,  11:45 CEST
Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia, Sessionssalen, Lilla Frescativgen 4A, Stockholm. 

Carolyn Bertozzi,  Barry Sharpless  dan Morten Meldal 

Kimia fungsional mereka bekerja dengan sangat baik. Terkadang jawaban sederhana adalah yang terbaik. Barry Sharpless dan Morten Meldal dianugerahi Hadiah Nobel Kimia 2022 karena telah meletakkan dasar untuk bentuk fungsional kimia – kimia klik – di mana blok-blok pembangun molekul menyatu dengan cepat dan efisien. 

Mereka berbagi hadiah dengan Carolyn Bertozzi, yang membawa kimia klik ke dimensi baru dan mulai menggunakannya untuk memetakan sel. Reaksi bioorthogonalnya sekarang berkontribusi pada perawatan kanker yang lebih bertarget, di antara banyak aplikasi lainnya.

SASTRA – Kamis, 6 Oktober,13:00 CEST
Akademi Swedia (Svenska Akademien), Börssalen, Källargränd 4, Stockholm. 

Annie Ernaux dari Prancis

Hadiah Nobel dalam Sastra untuk tahun 2022 diberikan kepada penulis Prancis Annie Ernaux "untuk keberanian dan ketajaman klinis yang dengannya dia mengungkap akar, kerenggangan, dan pengekangan kolektif memori pribadi".

Dalam tulisannya, Ernaux secara konsisten dan dari sudut pandang yang berbeda, mengkaji kehidupan yang ditandai dengan disparitas yang kuat mengenai gender, bahasa dan kelas. Jalannya menuju kepenulisan panjang dan sulit.

PERDAMAIAN – Jumat, 7 Oktober, 11:00 CEST
Komite Nobel Norwegia, Institut Nobel Norwegia (Norska Nobelinstitutet), Store Sal, gerbang Henrik Ibsens 51, Oslo.Mereka mendokumentasikan kejahatan perang, pelanggaran hak asasi manusia dan penyalahgunaan kekuasaan

Ales Bialiatski  dari Belarus

Hadiah Nobel Perdamaian 2022 diberikan kepada advokat hak asasi manusia Ales Bialiatski dari Belarus, organisasi hak asasi manusia Rusia Memorial dan organisasi hak asasi manusia Ukraina Pusat Kebebasan Sipil.

ILMU EKONOMI   Senin, 10 Oktober, paling cepat 11:45 CEST
Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia, Sessionssalen, Lilla Frescativgen 4A, Stockholm
Nama pemenang Hadiah Nobel Ekonomi  2022 akan diketahui pada Senin, 10 Oktober 2022,  awal pekan depan. 
Leonora). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS