Inilah Tragedi Sepak Bola Paling Tragis dalam Sejarah, Selain di Stadion Kanjuruhan Malang

redaksi - Minggu, 02 Oktober 2022 14:34
Inilah Tragedi Sepak Bola Paling Tragis dalam Sejarah, Selain di Stadion Kanjuruhan Malang (sumber: null)

JAKARTA (Floresku.com) - Sepak bola telah menciptakan beberapa momen paling mengharukan dalam sejarah olahraga dan juga dalam sejarah manusia. 

Selain tragedi  di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10) malam dengan jumlah korban tewas yang terus membengkak (terakhir 153 orang), sejarah mencatat 21 tragedi sepak bola lainnya yang menelan korban jiwa. 

Dari 22 daftar tragedi kerusuhan sepak bola, korban jiwa paling besar terjadi tahun 1964 di Peru yaitu 328 orang, dan paling sedikit, 11 orang di Stadion Alesandra, Mesir Utara pada tahun 1999.

Dari daftar yang dibuat Wikipedia dan dirilis Priceonomics.com (lihat table), terdapat 21 kejadian tragis di stadion sepak bola (belum termasuk di Stadion Kanjuruhan)  di seluruh dunia selama 86 tahun terakhir.

Sumber: Data diambil melalui Wikipedia; tidak termasuk bencana penerbangan di Stadion Kanjuruhan.. (Sumber: Priceonomics.com)

1.Bencana Stadion Nasional, Peru: 328 Orang Tewas

Pada turnamen kualifikasi Olimpiade Amerika Selatan pada 24 Mei 1964, Peru menjamu Argentina. Kedua tim bersaing memperebutkan tempat untuk bertanding di Olimpiade Tokyo tahun itu. Dengan 53.000 kursi, stadion hampir penuh.

Ketika wasit Uruguay menganulir gol penyeimbang Peru sementara Argentina unggul 1-0, dua pendukung yang marah menyerbu lapangan. Ketika pendukung kedua diserang secara brutal oleh petugas polisi di lapangan, keadaan benar-benar tidak terkendali. 

Tidak butuh waktu lama bagi penonton yang marah untuk mencoba memanjat penghalang dan memasuki lapangan permainan.

Kerusuhan tersebut begitu brutal sehingga 328 orang tewas, dan ratusan orang lainnya terluka. 

2.Bencana stadion Hillsborough, 15 April 1989 : 96 Tewas

Pada tanggal 15 April 1989, 96 penggemar Liverpool tewas di Stadion Hillsborough setelah dihancurkan sampai mati di tribun stadion, mengganggu semifinal Piala FA antara Liverpool dan Nottingham Forest.

Saat banyak pendukung Liverpool membanjiri tribun stadion Leppings Lane, yang diperuntukkan bagi mereka, bencana pun terjadi. Segera jelas bahwa tidak ada yang akan sampai ke bangku tepat waktu untuk pertandingan.

Kepala Inspektur David Duckenfield, komandan polisi yang bertanggung jawab atas permainan pada saat itu, memerintahkan pintu keluar C dibuka untuk mengurangi kerumunan. Namun akibatnya, semakin banyak penonton yang masuk ke dalam kandang tengah yang sudah padat.

3. Bencana stadion Kathmandu: 93 orang Tewas

Pertandingan antara tim nasional Nepal dan Bangladesh dijadwalkan pada 12 Maret 1988 di Stadion Nasional di Kathmandu di depan 30.000 penonton.

Namun, badai es yang terjadi di dalam stadion selama pertandingan menyebabkan teror dan ketakutan di antara para penonton. 

Hanya satu dari delapan pintu keluar stadion yang terbuka saat para penggemar dengan cemas mencoba untuk pergi, yang membuat para penonton berteriak ketakutan.

Berebutan keluar melalui pintu yang sempit membuat ratusan orang saling terhimpit dan terinjak, sehingga ratusan orang terluka dan 90 orang tewas. 

4. Bencana Stadion Oppenheimer, 11 April 2001: 43 orang tewas

Ribuan penggemar memadati Stadion Ellis Park untuk pertandingan Derby Soweto antara Kaizer Chiefs dan Orlando Pirates pada 11 April 2001. Sekitar 60.000 penonton sudah berada di dalam stadion, tetapi 30.000 tambahan mencoba untuk melakukannya. Meskipun kapasitas stadion lebih kecil, 120.000 penonton yang luar biasa diizinkan masuk hari itu.

Sayangnya, ini menyebabkan penyerbuan yang menewaskan 43 orang. 

Petugas keamanan yang tidak terlatih menembakkan gas air mata ke kerumunan setelah gagal menahannya, yang memperburuk keadaan dengan menghasilkan kebingungan dan kepanikan lebih lanjut.***

5.Bencana Stadion Heysel 1985: 600 Terluka, 39 Tewas

Final Piala Eropa 1985 masih segar dalam ingatan para penggemar sepak bola di Inggris dan Italia. Suporter Juventus dilempari batu oleh suporter Liverpool bahkan sebelum pertandingan dimulai. Hal ini akhirnya mengakibatkan pendukung Inggris melompati pagar yang memisahkan mereka dari area netral dan menyerang pendukung Italia.

Akibatnya, beberapa pendukung Juventus mundur di atas tembok penahan beton sementara yang lain mencoba melarikan diri dari gangguan ke tribun lain. Sebelum jatuh, beberapa kipas didorong ke dinding luar.

600 orang terluka, dan 39 penggemar—kebanyakan pendukung Juventus—meninggal setelah diremukkan hingga tewas atau mati lemas. Meskipun bencana, permainan dilanjutkan, dan ini telah mengumpulkan perhatian dari waktu ke waktu. (Silvia). ***

RELATED NEWS