Jaga Asupan Gizi dan Cinta, WVI Segarkan Nakes dan Kader Posyandu di Nagekeo dengan Pelatihan PMBA

redaksi - Rabu, 24 Maret 2021 21:57
Jaga Asupan Gizi dan Cinta, WVI Segarkan Nakes dan Kader Posyandu di Nagekeo dengan Pelatihan PMBANagekeo (sumber: 2021/03/1616598091157.jpeg)

MBAY (Floresku.com) - Dalam upaya mendukung kesiapan masyarakat Nagekeo menyongsong Kenormalan Baru, WVI AP Nagekeo- Ngada menggelar kegiatan Refresh PMBA di Masa Pandemi Covid-19 bagi para Tanaga Kesehatan (Nakes)  dan Kader Posyandu di Kabupaten Nagekeo. 

Kegiatan ini diselenggarakan  di Hotel Pepita, Mbay, pada 22-23 Maret 2021. Kegiatan ini sekaligus menjadi wujud kerjasama kemitraan WVI AP NADA dan Dinas Kesehatan Kabupaten Nagekeo. Kegiatan dua hari ini dihadiri 27 Peserta yang terdiri dari Kader Posyandu dan Tenaga Kesehatan dari Kecamatan Nangaroro dan Kecamatan Boawae. 

Manager WVI AP Nagekeo- Ngada, Otis Kawer Wakerkwa, dalam sambutan pembukanya,  memberikan apresiasi atas partisipasi peserta dan antusiasme mereka.

 "Kami berterimakasih dan mengapresiasi antusiame dan partisipasi ibu dan bapak dalam kegiatan ini. Sebagai organisasi kemanusiaan yang responsif,  WVI akan terus mendukung setiap upaya yang dilakukan warga, terutama upaya ibu dan bapak sekalian untuk tetap hidup sehat dalam masa pandemik Covid-19 ini," ujar Otis Kawer. 

Otis juga menambahkan, WVI dalam pelayanannya di Kabupaten Nagekeo, akan selalu menggandeng mitra-mitra terkait untuk mempersiapkan masyarakat menyongsong kehidupan  dalam masa Kenormalan Baru selama pandemik Covid-19 ini. Salah satu cara yang dilakukan WVI adalah dengan memberikan pemahaman dan penyegaran pengetahuan Pemberian Makan Bayi dan Anak di Masa Pandemik kepada tenaga kesehatan dan kader posyandu. Otis meyakini, Tenaga Kesehatan dan kader posyandu mengemban peran penting dan menjadi garda terdepan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, terutama di masa Covid-19 ini. 

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kabupaten Nagekeo,   Sri Wahyuni Ramadhan, mewakili Kepala Dinas Kesehatan Nagekeo, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerjasama kemitraan WVI AP Nagekeo-Ngada dengan Pemerintah Kabupaten Nagekeo melalui Dinas Kesehatan Nagekeo di bidang kesehatan, baik di tingkat desa, kecamatan, maupun Kabupaten. 

Sri Wahyuni juga menyampaikan bahwa dampak kehadiran dan kiprah WVI di bidang kesehatan di Nagekeo adalah dengan turut menurunkan angka prevelensi stunting di Kabupaten Nagekeo, terutama di wilayah Kecamatan Boawae dan Nangaroro..

Seorang peserta kegiatan ini, Moses Moi, mengaku bangga dan antusias mengikuti kegiatan ini. 

"Saya merasakan manfaat dengan mengikuti Kegiatan ini. Sebagai kader posyandu, pengetahuan saya ditambahkan dengan pelatihan ini dan ini membuat saya makin bersemangat melaksanakan tugas saya sebagai kader posyandu," ujar Moses. 

Kader Posyandu Kotapapa, Desa Woewutu, Kecamatan Nangaroro ini juga menganjurkan agar setiap warga dan keluarga wajib memastikan anak-anak dan anggota keluarganya selalu mendapatkan asupan makanan bergizi serta  perhatian dan  cinta yang cukup selama masa pandemik ini. Moses mengamini kalau asupan makanan bergizi serta cinta dan perhatian yang cukup bisa meningkatkan iman dan imun tubuh di masa Pandemik ini selain tetap menjaga dan menaati protokol kesehatan cegah Covid-19. 

Kegiatan Refresh PMBA ini menghadirkan  pembicara dari Dinas Kesehatan Nagekeo, praktisi PMBA dari WVI, dan juga sharing pengalaman dari para peserta selama praktik PMBA di masing-masing posyandu dan Pusat Layanan Kesehatan. Selain itu, para peserta juga dibekali pengetahuan tentang Pengasuhan dengan Cinta bagi anak selama masa pandemik dan juga praksis adaptasi kebiasaan baru dengan standar protokol kesehatan cegah Covid-19. (ML)

RELATED NEWS