Jalan Negara Ende -Nangapanda Terancam Putus, Satker PJN Wilayah IV: 'Kita Sudah Tangani Gunakan Dana Preservasi'

redaksi - Jumat, 04 November 2022 07:46
Jalan Negara Ende -Nangapanda Terancam Putus, Satker PJN Wilayah IV: 'Kita Sudah Tangani Gunakan Dana Preservasi' Kepala Satker PJN IV Flores Eben Heaser Adam, ST. MT (sumber: Rian)

END (Floresku.com) - Satuan Kerja (Satker) pembangunan jalan nasional ( PJN ) Wilayah IV Flores saat ini
mulai melaksanakan penanganan ruas jalan nasional Ende - Aegela yang rusak akibat bencana gelombang pasang beberapa waktu yang lalu.

“Untuk penanganan berapa titik jalan yang terancam putus akibat gelombang berapa waktu lalu kita menggunakan dana preservasi.,” ungkap Kepala Satker PJN IV Flores Eben Heaser Adam, ST. MT saat di temui diruang kerjanya. Kamis, 3 November 2022.

"Saat ini kita melakukan upaya penanganan darurat. Sambil menunggu design penanganan permanen. Mungkin kita optimasi dari dana kontrak yang sementara berjalan untuk penanganan darurat sehingga arus transportasi tetap berjalan dan mencegah kerusakan yang lebih parah lagi," jelasnya.

Ia menjelaskan, dari eksisting yang ada, maka pihaknya akan melakukan penanganan dengan menimbun batu alam yang berdiameter 50-100 cm di badan jalan yang rusak tersebut.

"Kita susah mulai dari kemarin. Mungkin kita tangani secara bertahap karena angkutan tidak bisa banyak karena satu truk hanya bisa muat dua tiga batu saja," jelasnya.

Sementara untuk penanganan permanen, jelas Adam, pihaknya telah mengusulkan rancangan dan design ke pimpinan supaya dapat menurunkan tim ke lapangan melakukan survei terlebih dahulu.

Terkait dengan anggaran saat ini kurang lebih Rp. 800 juta, kita menggunakan anggran preservasi. Sambil menunggu anggaran untuk pembanggunan permanen.

Perlu di ketahui ruas jalan nasional trans Flores yang terancam putus akibat gelombang pasang berapa waktu lalu berada di wilayah Desa Embundoa, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende arah barat kota Ende tepatnya di KM 7. (Rian) ***

RELATED NEWS