Jeff Beck, Gitaris Rock Inggris Terkenal, Peraih 8 Grammy Awards, Tutup Usia

redaksi - Kamis, 12 Januari 2023 16:36
Jeff Beck, Gitaris Rock Inggris Terkenal, Peraih 8 Grammy Awards, Tutup UsiaJeff Beck, gitaris rock terkenal asal Inggris. (sumber: Jeff Beck @jeffbeckmusic)

EAST SUSSEX, INGGRIS (Floresku.com)- “Atas nama keluarganya, dengan kesedihan yang dalam dan mendalam kami berbagi berita tentang meninggalnya Jeff Beck. Setelah tiba-tiba tertular bakteri meningitis, dia meninggal dengan tenang kemarin (Selasa, 10 Januari 2023, red). Keluarganya meminta privasi saat mereka memproses kehilangan yang luar biasa ini.” 

Demikian cuitanan yang tampil di akun twitter, Jeff Beck@jeffbeckmusic, Rabu, 11 Januari 2022.

Geoffrey Arnold Beck (24 Juni 1944 - 10 Januari 2023) yang akrab disapa Jeff Beck,  adalah seorang gitaris rock Inggris yang terkenal dengan kelompok bandnya,The Yardbirds.

Kemudian ia memimpin Jeff Beck Group dan Beck, Bogert & Appice. 

Pada tahun 1975, dia beralih ke gaya instrumental dengan fokus pada suara inovatif, dan rilisannya mencakup genre mulai dari blues rock, hard rock, jazz fusion, dan campuran gitar-rock dan electronica.

Beck menduduki peringkat lima besar Rolling Stone dan daftar majalah lain dari 100 gitaris terhebat.[4][5][6] Dia sering disebut sebagai ""guitarist's guitarist".

Rolling Stone mendeskripsikannya sebagai "salah satu gitaris utama paling berpengaruh di muski rock". 

Meskipun ia merekam dua album hit (tahun 1975 dan 1976) sebagai aksi solo, Beck tidak membangun atau mempertahankan kesuksesan komersial yang berkelanjutan dari banyak orang sezamannya dan rekan bandnya. Dia merekam dengan banyak artis.

Beck mendapat pujian kritis yang luas dan menerima 8 Penghargaan Grammy untuk Penampilan Instrumental Rock Terbaik tujuh kali dan Penampilan Instrumental Pop Terbaik satu kali. 

Pada tahun 2014 ia menerima Ivor Novello Award dari British Academy untuk Kontribusi Luar Biasa pada Musik Inggris.

Dia dilantik menjadi Rock and Roll Hall of Fame dua kali: sebagai anggota The Yardbirds (1992) dan sebagai artis solo (2009).

Jeff Beck menutup usia pada Selasa, 10 Januari di East Sussex, Inggris pada usia, 78 tahun. (Silvia). *** 

 

Editor: redaksi

RELATED NEWS