Jenazah Uskup Sensi Disambut dan Ditangisi Warga Lintas Agama Kota Pancasila, Ende

redaksi - Selasa, 21 November 2023 16:16
Jenazah Uskup Sensi Disambut dan Ditangisi Warga Lintas Agama Kota Pancasila, EndeJenazah Uskup Sensi disambut di Bandara H. Arubusman Ende, Kamis (21/11) siang. (sumber: Komsos KAE)

ENDE (Floresku.com)  – Tak dapat diragukan lagi, Ende adalah Kota Pancasila. Selain menjadi kota dimana Bung Karno menggali butir-butir Pancasila, Ende juga menjadi kota di mana warga lintas agama bisa hidup rukun.

Suasana kerukunan itu sangat dirasakan Kamis, 21 November 2023 siang ini. Tat kala, jenazah Uskup Vincentous Sensi Potokota (Uskup Sensi) tiba dari Kupang sekitar pukul 11.00 Wita, ribuan warga Kota Ende, baik yang Katolik, Kristen, Islam dan Hindu-Budha,  berjubel menyambutnya dengan rasa duka yang mendalam.

https://floresku.com/read/kampung-halamanmu-bukan-lio-narasi-puitik-mgr-vincent-sensi-potokota

Di Bandara Aroebusman

Jenazah Uskup Sensi tiba di Bandara Haji Hasan Aroebusman, Selasa (21/11) sekitar pukul 11.00 Wita. menggunakan pesawat Susi Air dengan nomor penerbangan IW1957.

Saat tiba di Bandara Haji Hassan Aroeboesman, jenazah Uskup Sensi  diterima oleh sejumlah besar  imam dan biarawan-biarawati serta masyarakat lintas agama yang sudah dari pagi menunggu. Isak tangis pun pecah  saat jenazah diturunkan dari pesawat.

Jenazah sempat disemayamkan dan didoakan sebentar di Ruang VIP Bandara.Kanselarius Keuskupan Agung Ende RD Evan Lado kemudian memimpin ibadat penerimaan jenazah. 

Warga Kota Ende berjalan kaki dari Bandara H. Aorebusman menuju gereja Katedral Ende sambil berdoa Rosario (WA/Video)

Diarak ke gereja Katedral Ende

Selanjutnya jenazah diarak menuju Gereja Katedral Kristus Raja Ende, melewati rute jalan ElEl Tari, Wirajaya, Banteng, jalan Sudirman dan jalan Yos Sudarso. 

Sepanjang jalan yang menjadi rute  iringan mobil jenasah Uskup Sensi lewat tampak  warga berbaris di pinggir jalan. Sebagaian dari mereka kemudian ikut berjalan kaki mengiringi mobil jenazah menuju gereja Katedral.

Mereka mengiringi jenazah Uskup Sensi dengan mendaraskan doa Rosario.

 Sebagaian warga tak kuasa menahan tangis karena merasa kehilangan uskup  peramah yang sangat mereka cintai itu.

Tiba di Gereja Katedral Ende jenazah disambut dengan sapaan adat  dan sambutan yang disampaikan Ketua Panitia  Penyambutan Jenazah,  RD Hengky Sareng, Selanjutnya diadakan ibadat penerimaan yang dimpimpn oleh RD. Cyrilus Lena.

Menurut rencana, Misa Requem akan dilangsungkan pada pukul 17.00 WIT di dipimpin Mgr.  Antonius Subianto  Bunjamin,OSC, Ketua Presidium KWI.

Jenazah Uskup Sensi akan disemayamkan di Gereja Katedral Ende hingga Kamis, 23 November pagi.

Selanjutnya, menurut keterangan dari Panitia, pada Kamis (23/11) pukul 09.00 Wita, akan diadakan Misa Pelepasan. Selanjutnya, pada pukul 12.00 Wita akan dilakukan prosesi ke tempat pemakaman para uskup dan imam di Ndona.

Kemudian, pada pukul 13.00 Wita diadakan Upacara Pemakaan di Kompleks rumah keuskupan di Ndona.. ***

RELATED NEWS