Joe Biden Tetap 'Kalem' Meski Dua Negara Tetangganya Kisruh

redaksi - Jumat, 16 Juli 2021 21:55
Joe Biden Tetap 'Kalem' Meski Dua Negara Tetangganya KisruhPresiden AS Joe Biden dan Kanselir Jerman Angela Merkel (sumber: Aljazeera.com)

JAKARTA (Floresku.com) - Presiden Aamerika Serikat, Joe Biden tetap ‘kalem’ meski dua negara tetangganya, Haiti dan Kuba mengalami kekisruhan.

Meski Haiti terjebak ke dalam kekacauan setelah pembunuhan presidennya, Jovenel Mise, pada Rabu, 7 Jul 20201 lalu, Biden mengatakan dia tidak ada dalam agenda AS sekarang untuk mengirim pasukan AS ke sana. 

Tetapi,  pada hari Kamis (15/7) atau Jumat (16/7) waktu Indonesia, Joe Biden, menilai tetangganya yang lain,  Kuba sebagai  “negara gagal” . 

Sebagiamana diwartakan media, para pengunjuk rasa telah berdemonstrasi di Kuba sejak Minggu (11/7) ketika kemarahan meningkat tentang kekurangan barang-barang pokok, pemadaman listrik dan internet, pembatasan kebebasan sipil dan penanganan pemerintah terhadap lonjakan infeksi COVID-19. 

Kesulitan diperburuk oleh embargo perdagangan AS yang telah berlangsung selama beberapa dekade yang sedang ditinjau oleh pemerintahan Biden.
“Sayangnya Kuba adalah negara yang gagal dan menindas warganya,” kata Biden pada konferensi pers bersama dengan Kanselir Jerman Angela Merkel di Gedung Putih, Kamis (15/7), sebagaimana dilansirhttps://www.aljazeera.com/news/2021.

Di tengah seruan dari Partai Republik dan rekan Demokrat Biden untuk memulihkan layanan internet ke Kuba, Biden mengatakan pemerintahannya sedang menyelidikinya.

“Mereka telah memutuskan akses ke internet. Kami sedang mempertimbangkan apakah kami memiliki kemampuan teknologi untuk memulihkan akses itu," kata Biden.

Sementara itu, ada seruan agar AS mengirim pasukan ke Haiti setelah Presiden Jovenel Moise ditembak mati pada Rabu 7 Juli di rumahnya di Port-au-Prince oleh apa yang oleh otoritas Haiti digambarkan sebagai unit pembunuh, termasuk 26 warga Kolombia dan dua warga Haiti. orang Amerika.

Pembunuhan itu telah membuat negara Karibia yang sudah bermasalah itu ke dalam kekacauan, terjadi di tengah gelombang kekerasan geng yang telah membuat ribuan orang mengungsi dan menghambat kegiatan ekonomi di negara termiskin di Amerika itu.

Biden menjelaskan bahwa AS “hanya mengirim marinir Amerika ke kedutaan AS sendiri” untuk tujuan keamanan.

“Gagasan mengirim pasukan Amerika ke Haiti tidak ada dalam agenda saat ini.”

Pertemuan Biden-Merkel
Pada Kamis (15/7) atau Jumat (16/7) waktu Indonesia, Biden menyambut Kanselir Jerman, Angela Merkel ke Gedung Putih. Washington. 

Keduanya mengadakan rapat di Ruang Oval Gedung Putih  untuk membahas ketidaksepakatan tentang Rusia dan China ketika kedua pemimpin berusaha untuk memperkuat hubungan yang menderita di bawah mantan Presiden Donald Trump.

AS dan Jerman adalah sekutu utama NATO. Biden dan Merkel telah saling kenal dan bekerja selama bertahun-tahun.

Tetapi kedua pemerintah mereka berselisih mengenai sejumlah masalah sulit, termasuk pipa Nord Stream 2 yang dibangun dari Rusia ke Jerman di bawah Laut Baltik, yang dikhawatirkan Washington akan merugikan Ukraina dan meningkatkan ketergantungan Eropa pada gas Rusia.

Mereka juga tidak setuju tentang kebijaksanaan bermitra dengan China dalam proyek bisnis, pembatasan perjalanan ke Amerika Serikat dari Eropa, dan penentangan Jerman terhadap keringanan paten sementara yang bertujuan mempercepat produksi vaksin COVID-19.

Di saluran Nord Stream 2, “Mereka tidak menyelesaikan perbedaan mereka, khususnya, Amerika Serikat datang ke pertemuan ini mengetahui ini akan menjadi titik gesekan antara kedua pemimpin dan tampaknya mereka tidak menemukan titik temu, Koresponden Gedung Putih Al Jazeera Kimberly Halkett mengatakan.

Merkel mengatakan kepada wartawan bahwa Jerman, ekonomi terbesar Eropa, memiliki pandangan yang berbeda tentang pipa dari AS. Tapi dia mengatakan Berlin memandang Ukraina sebagai negara transit, yang jelas berarti dia percaya bahwa gas alam harus tetap mengalir melalui Ukraina, bahkan jika pipa itu selesai.

Merkel mengatakan ada “sejumlah instrumen” yang dapat diambil Eropa, termasuk sanksi, jika Rusia tidak memenuhi komitmen ke Ukraina dalam proses.

Rusia mengatakan pipa $ 11bn, yang dipimpin oleh perusahaan energi negara Gazprom dan mitra Baratnya, akan selesai akhir tahun ini.

Biden mengatakan bahwa "teman baik dapat tidak setuju" pada proyek seperti Nord Stream 2 dan bahwa kedua pemimpin telah meminta tim mereka untuk melihat langkah-langkah praktis yang dapat diambil negara-negara tersebut jika keamanan energi Ukraina melemah.

Biden, 78, dan Merkel, 66, saling berhadapan dalam serangkaian masalah yang lebih luas, dan keduanya ingin memperkuat hubungan transatlantik yang menderita di bawah kritik Trump yang sering dan tajam terhadap sekutu dekat AS.

Usai pertemuan itu Presiden AS Joe Biden  mendengar berita bencana yang melanda Eropa barat, termasuk Jerman langsung menelpon Merkel untuk menyatakan "belasungkawa terdalam". Sementara Merkel sendiri atas bencana yang  sendiri menjanjikan dukungan pemerintah untuk upaya penyelamatan. (MAR)

Editor: Redaksi

RELATED NEWS