Jokowi Tolak Jadi Ketua Umum PDIP, Lebih Condong ke Gerindra atau PSI

redaksi - Rabu, 11 Oktober 2023 07:01
Jokowi Tolak Jadi Ketua Umum PDIP, Lebih Condong ke Gerindra atau PSIJokowi dan Megawati Soekarnoputri (sumber: Instagram)

JAKARTA (Floresku.com) -Presiden Joko “Jokowi” Widodo menolah gagasan untuk menjadi ketua umum partai berkuasa PDIP berikutnya menggantikan Megawati Soekarnoputri. 

Presiden menyatakan bahwa dirinya akan kembali ke kampung halamannya, Solo (Jawa Tengah), setelah masa jabatannya berakhir tahun depan.

Presiden juga menyatakan, tokoh muda seperti Puan Maharani atau Prananda Prabowo lebih cocok menjadi Ketum PDIP berikutnya.

Dilansir dari EnbeIndonesia.com, ide menjadikan Jokowi sebagai Ketum PDIP selanjutnya datang dari Guntur Soekarnoputra, kakak sulung Megawati.

Guntur menyarankan Megawati menjadi Ketua Dewan Pertimbangan PDIP, namun Jokowi menyatakan ingin pensiun dan kembali ke Solo setelah masa jabatannya berakhir.

Bisa dimengerti mengapa Jokowi menolak gagasan menjadi Ketua Umum PDIP berikutnya dan mengangkat Puan atau Prananda menjadi penerus Megawati. Ia sadar Puan atau Prananda dipersiapkan untuk meneruskan kepemimpinan Megawati di kepengurusan PDIP.

Bagaimanapun, Puan dan Prananda telah berkorban selama ini dengan tidak ngotot mencalonkan diri sebagai presiden.

Seperti diketahui, Megawati memilih Jokowi sebagai calon presiden pada dua pemilu presiden terakhir dibandingkan mencalonkan anaknya, Puan dan Prananda.

Megawati pun memilih mencalonkan Ganjar Pranowo ketimbang Puan sebagai calon presiden pada Pilpres 2024 mendatang.

Itu sebabnya Jokowi menolak gagasan menjadi Ketum PDIP dan menyampaikan kepada pers soal rencananya pulang ke kampung halaman.

Perlu diketahui, ini bukan kali pertama Jokowi mengungkap rencana pensiunnya. Pada November 2022 lalu, dalam wawancara dengan The Economist, Jokowi juga mengatakan akan kembali ke Solo setelah masa jabatannya berakhir.

Lantas, apakah benar Jokowi akan kembali ke Solo setelah masa jabatannya berakhir dan menjalani masa pensiunnya dengan tenang? Mungkin itu yang terbaik. Dengan begitu, Jokowi bisa memberikan contoh yang baik kepada semua orang.

Namun dari segi elektabilitas, tingkat dukungan terhadap Jokowi masih begitu tinggi. Apalagi secara fisik, Jokowi juga masih sangat fit. Mungkin ada yang menilai akan sia-sia jika Jokowi benar-benar pensiun dan hanya menghabiskan masa pensiunnya di Solo.

Oleh karena itu, beberapa pihak mungkin akan mempertimbangkan kembali gagasan untuk mengangkat Jokowi menjadi Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) berikutnya.

 

RELATED NEWS