Kabar Dukacita: Pater Konelis Dosi SVD Telah Berpulang, RIP

redaksi - Minggu, 27 November 2022 15:04
Kabar Dukacita: Pater Konelis Dosi SVD Telah Berpulang, RIPAlm. Pater Kornelis Dos SVD (sumber: Youtube Pamit Nenuk)

ATAMBUA (Katolikku.com) – Komunitas Serikat Sabda Allah (SVD) global, khususnya komunitas SVD Provinsi SVD Timor kembali berduka, karena salah Pater Kornelis Dosi SVD telah meninggal dunia secara mendadak, Jumat (25/11) dini hari.

“Teman-teman sekalian, terimakasih untuk ucapan turut berdukacita atas meninggalnya ka'e Nelis Dosi.Tadi malam (Kamis, 24/11, red) ia masih  masih makan bersama dan saling bercanda dengan rekan-rekannya di Pastoran Paroki Mamsena,"begitu tulis Pater Yustinus Didimus Nai SVD, Provinsial SVD Timor dalam Grup WA Ledalero 1984, Jumat, pukul 06.43 WIB.

"Sekitar pukul 10.00 WITA ia mendapat serangan sesak napas. Ia kemudia dibawa ke RSU Kefamenanu tetapi nyawanya tak tertolong. Sekitar pukul 1.30 pagi tadi (Jumat, 25/11, red) ia menghembuskan napas terakhir,” Pater Didimus menambahkan.

Pater Nelis, begitu ia biasa disapa, lahir di Mataloko, Ngada,  pada 23 Mei 1959 dan menutup ziarah hidupnya di RSU Kefamenanu pada 24 November 2022, dalam usia 63 tahun dan enam bulan.

Semasa remaja, Nelis menjalani pendidikan di Seminari St Yohanes Berkmans, Todabelu, Mataloko dan tamat pada Juni 1979.

Lalu ia bergabung dengan SVD dengan masuk Novisiat SVD Leladero pada tahun yang sama.

Setelah menyelesaikan studi Filsafat, menjalani Tahun Orientasi Pastoral  dan Teologi serta Praktik Dianonat, ia kemudian ditahbiskan menjadi imam pada pertengahan tahun 1986. Ia diutus oleh SVD untuk menjadi misionaris di Pulau Timor.

Dikawal Sat Lantas Polres dan dikenang ribuan umat TTU

Situs MitraPolri.com melaporkan ribuan umat Katholik mengenang Pater Kornelis Dosi, SVD (Pastor Gereja Katholik Paroki Santo Fransiskus Asisi Mamsena – Insana Barat, di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Kepulangan abadi Pater Nelis yang telah mengabdikan dirinya di wilayah TTU menjadi kehilangan umat Katolik, termasuk pihak kepolisian. Oleh karena itu Polres TTU ikut mengambil bagian mengurusi jenazahnya.

Melalui Surat : 75/PFA.MSN/XI/2022, Kapolres TTU memerintahkan anggotanya untuk melakukan Pengawalan Jenazah Pater Kornelis Dosi, SVD.

Berdasarkan Surat tersebut  Mobil Patroli Polres TTU melakukan pengawalan  terhadap jenazah Pater Kornelis Dosi, SVD bersama rombongan.

Kegiatan pengawalan dilakukan mulai dari Pos Eltari menuju ke Paroki St. Fransiskus Asisi-Mamsena, kemudian dibawa menuju ke Provinsialat SVD di Nenuk untuk disemayamkan sebelum dimakamkan di tempat perisirahatan terakhir.

Tercatat dua orang personil Sat Lantas Polres TTU, yaitu Briptu Taufik Irawan dan Bripda Robert Tanines berpartisipasi dalam pengamanan dan pengawalan Jenazah Pater Kornelis Dosi, SVD menggunakan mobil1 (Satu) unit ranmor R4 Satuan Lalu Lintas.

Jenazah Pater Nelis dimakamkan di Pemakaman SVD Nenuk pada Sabtu, 26 November 2022, pukul 13.30                 WITA.

Selamat Jalan Pater Kornelis Dosi SVD. Semoga berbahagia bersama Allah di Surga nan kekal. *** (Sumber:www. katolikku.com).

Editor: redaksi

RELATED NEWS