Kades Utetoto: 'Janji PLN untuk Warga Desa Utetoto Sudah Terwujud'

redaksi - Kamis, 20 Januari 2022 21:26
Kades Utetoto: 'Janji PLN untuk Warga Desa Utetoto Sudah Terwujud'Kepala Desa Uteto, Athanasius Harpenas. (sumber: Dokpri)

JAKARTA (Floresku.com) - Kepala Desa  (Kades0 Utetoto, Athanasius Harpenas menyatakan bahwa bahwa janji  PT Perusahaan Listrik Negara  (Persero) atau PLN untuk menyalakan listrik di rumah warga (pelanggan) di Desa Utetoro yang disampaikan  sebelum Natal sudah terwujud. 

“Hal ini saya sampaikan untuk mengklarfikasi berita yang dimuat floresku.com, Sabtu, 15 Januari 2022 berjudul: Janji PLN Sebelum Natal Listrik Menyala Tak Terwujud, Warga dan BPD Serbu Kantor Desa Utetoto,” ungkap Kepdes yang akrab disapa As itu melalui aplikasi Whatsapp, Kamis, 20 Januari 2022, malam.

Terbukti, tulisnya lagi, pada 24 Desember 2021 penyalaan perdana terwujud. ‘Soal penyalaan ini adalah kewenangan PLN tanpa intervensi dari pihak manapun,’ tandasnya.

Dia melanjutkan, perihal judul berita yang menyatakan bahwa '"Masyarakat dan BPD Serbu Kantor Desa Utetoto," lagi, itu  tidak benar. 

"Karena pada kenyataan selaku Kepala Desa saya justru mengapresiasi aspirasi masyarakat melalui BPD,' dia menerangkan. 

Kemudian dia menambahkan,  "Melalui kesempatan ini selaku Kepala Desa Utetoto saya juga ingin mengklarifikasi pernyataan yang disampaikan oleh masyarakat bahwa  ”kepala desa yang meminta kepada pihak Vendor MCB ON (PT KRISTAMA) dan pihak PT PLN (Persero) ULP Bajawa untuk menunda proses dan kegiatan pemasangan meteran pada rumah pelanggan melalui kontraktor PT. Alinka dengan alasan bahwa jalur jaringan belum bersih." 

"Pernyataan itu juga tidak benar sebab, berkaitan dengan kegiatan PLN dan kontraktor kepala desa tidak mempunyai hak untuk mengintervensi. Itu hak mutlak pihak PLN  atau pun kontraktor," jelasnya.

Untuk itu, tulisnya lagi,  “saya menyampaikan kepala masyarakat Desa Utetoto secara keseluruhan untuk tetap memegang teguh prinsip 'ta ine ane ebu kaco na'u: to'o jogho wangga sama ' berat sama di pikul ringan sama di jinjing, berdiri sama tinggi duduk sama rendah.”

“Sebagai Kepala Desa Utetoto, atas nama pemerintah desa dan seluruh warga desa, saya menyampaikan terima kasih kepada manager PLN ranting Bajawa yang telah mengoperasikan  Program Jaringan Listrik Masuk Desa di Desa Utetoto”, ungkapnya.

 Desa Utetoto, bersama Desa Oda Ute dan sebagian Desa Bidoa adalah tiga desa di Kecamatan Nangaroro, Kabupaten Nagekeo yang  menjadi sasaran  Program Jaringan Listrik Masuk Desa tahun 2021. 

 Kades As juga menambahkan   bahwa pada 18 Januari 2022,  jaringan listrik di Desa Utetoto telah dioperasikan secara keseluruhan. 

Artinya, listrik di seluruh rumah warga Desa Utoto yang melanggan daya listrik PLN sudah menyala seluruhnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, terdapat 176 pelanggan daya listrik PLN di Desa Utetoto. (SA).***

RELATED NEWS