Kalau Mampir di Alor, Jangan Lewatkan untuk Mencicipi Kenari, Camilan Gurih dan Menyehatkan

redaksi - Minggu, 12 September 2021 16:57
Kalau Mampir di Alor, Jangan Lewatkan untuk Mencicipi Kenari, Camilan Gurih dan Menyehatkan Kenari, Camilan Gurih dan Menyehatkan (sumber: Istimewa)

KALABAHI (Floresku.com) - Nama lain untuk Pulau Alor adalah Nusa Kenari. Bahkan, Kota Kalabahi sebagai ibu kota Kabupaten Alor sering dijuluki sebagai ‘Kota Kennari’. Maklum, di pulau itu terdapat banyak sekali pohon kenari. 

Uniknya, para petani di Alor tidak menggunakan pupuk kimia ketika membudidayakan kenari. Mereka percaya pupuk kimia dapat merusak kesuburan tanah. Secara umum tanah di Pulau Alor sangat subur karena terdiri dari tanah litosol dan tanah vulkanis yang kaya unsur hara dengan stuktur tanah gembur. Kondisi tanah tersebut  sangat cocok untuk pohon kenari.  Tak heran, jumlah produksi kenari sangat besar, sehingga menjadi komoditas yang penting bagi masyarakat Alor.

Selain menjualnya ke luar daerah,  masyarakat Alor memanfaatkan isi biji kenari untuk berbagai jenis kuliner. Yang paling umum, isi biji kenari dijadikan sebagai camilan, ‘teman'  minum teh atau pun  kopi.

Tak jarang isi biji kenari dicampur dengan camilan khas lainnya yaitu jagung titi. Kadang kala pula kenari diolah sebagai bahan untuk membuat kue.

Camilan Kenari dai Alor sangat gurih. Kenari Alor juga sehat dikosumsi karena diproduksi secara organik.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi setengah cangkir kenari per hari dapat membantu melindungi sistem pencernaan karena meningkatkan jumlah bakteri probiotik dalam usus dan menangkal risiko penyakit jantung dan otak serta kanker.

Jadi, kalau Anda jalan-jalan ke Alor, jangan lewatkan untuk mampir di rumah makan atau pun kafe, untuk menikmati camilan kenari yang gurih dan sehat. (MLA)

Editor: Redaksi

RELATED NEWS