Kantor Bahasa Provinsi NTT Gelar Penghargaan 'Wajah bahasa Sekolah 2021'

redaksi - Rabu, 17 Maret 2021 21:22
Kantor Bahasa Provinsi  NTT Gelar Penghargaan 'Wajah bahasa Sekolah 2021'weking (sumber: 2021/03/1615991122109.jpeg)

ENDE (Floresku.com) - Untuk menerapkan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar di lingkungan sekolah di Nusa Tenggara Timur (NTT),  Kantor Bahasa NTT, sebagai Badan  Pengembangan dan Pembinaan  Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan kegiatan  Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah di NTT  tahun 2021.

Peserta Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah di NTT  Tahun 2021 adalah SMA/SMK/MA negeri dan swasta serta Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK) sederajat di seluruh NTT. Lima sekolah terbaik akan mewaili Provinsi NTT pada seleksi  Wajah Bahasa Sekolah Tahun 2021 tingkat nasional.

 Hal ini dikemukakan Christina T. Weking ,  koordinator kegiatan Kantor Bahasa Nusa Tenggara Timur  dalam acara sosialisasi penggunaan Bahasa Indonesia  di ruang publik sekolah   bagi Kepala Sekolah dan guru – guru Bahasa Indonesia tingkat SMA/MA dan SMK di kabupaten  Ende, Rabu ( 17/03). 

Menurut Weking, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberi penghargaan  atas sikap positif dari sekolah – sekolah terhadap penggunaan Bahasa Negara di lingkungan sekolah. 

Sementara itu,  dalam arahannya kepada peserta sosialisasi,  Kepala Kantor Bahasa NTT, Syaiful Bahri Lubis  mengatakan bahwa tujuan kegiatan Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Tahun 2021   untuk meningkatkan situasi tertib berbahasa  di ruang publik. 

“ Penghargaan Wajah Bahasa Indonesia Sekolah Tahun 2021 merupakan  bagian dari pendidikan literasi  sepanjang hayat. Hal ini sesuai dengan amanat UU  No 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta lagu Kebangsaan,” ujarnya.

Wking menjelaskan, pendaftaran peserta Wajah Bahasa Indonesia Sekolah Tahun 2021 dilakukan atas nama lembaga sekolah yang  mendaftarkan diri dengan  mengirimkan foto objek penggunaan bahasa negara di ruang  publik di  lembaga sekolah masing-masing kepada Kantor Bahasa  NTT. 

Objek Penilaian  berupa tulisan papan nama lembaga dan gedung,  papan nama sarana umum,   informasi pada ruang pertemuan , informasi pada produk barang/jasa,  nama jabatan ,  penunjuk arah atau rambu umum,  serta tulisan berbentuk spanduk atau alat informasi lain sejenisnya,” ujarnya.

 Informasi lebih lanjut tentang Penghargaan Wajah Bahasa sekolah  di NTT tahun 2021, dapat diperoleh melalui nara hubung Christina T.Weking di no. 081337537600. ( Bob Sina.)

 

RELATED NEWS