Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere Gelar Pelatihan untuk Tingkatkan Scuba Diving Skill Petugas SAR

redaksi - Selasa, 12 Juli 2022 13:27
Kantor Pencarian  dan Pertolongan Maumere Gelar Pelatihan untuk Tingkatkan  Scuba Diving Skill Petugas SARInstruktur danpPeserta kegiatan peningkatan kompetensi petugas SAR di Maumere (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) - Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere melaksanakan pelatian  untuk meningkatkan kompetensi   berupa Scuba Diving (Self Contained Underwater Breathing Apparatus) skill, petugas SAR,  Selasa, 12 Juli 2022.

Kegiatan peningkatan kompetensi petugas SAR dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere Lalu Wahyu Efendi,S.Sos.,M.M..

Kegiatan tersebut didampingi pula oleh Kepala Subseksi Sumber Daya Karel Roni Ileng,S.E., Kepala Subseksi Operasi dan Siaga I Wayan Suwena,S.H.

Adapun instruktur dan peserta dari rescuer sebanyak 12 orang dan 2 orang kru KN SAR puntadewa kapten dan kepala kamar mesin. Kegiatan pelatihan berlangsung  di ruang aula kantor SAR Maumere.

Lalu Wahyu Efendi, dalam sambutannya mengatakan bahwa  dalam rangka melaksanakan tugas pokok dan fungsi Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere, dibutuhkan kesiapan personil, kesiapan peralatan,dan prosedur kerja yang baik. 

“Untuk dapat melaksanakan tugas-tugas tersebut terlebih di wilayah Maumere serta wilayah Kerja Kantor SAR Maumere didominasi dengan laka pelayaran dibutukan suatu inovasi kegiatan yang menghasilkan output berupa sumber daya manusia yang mempunyai skill dan pengetahuan di bidang pencarian dan pertolongan (SAR), baik itu skill individual maupun skill beregu”, ujarnya.

“Untuk mengantisipasi kebutuhan tersebut, maka dilaksanakan kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi scuba diving kepada Rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere”, katanya menambahkan.

Lebih lanjut ia engatakan bahwa  tujuan diadakannya pelatihan tersebut adalah meningkatkan kemampuan personil Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere dalam bidang pencarian dan pertolongan dibawah permukaan air (Scuba Diving),.

Dengan demikian seluruh rescuer yang telah mengikuti pelatihan ini selalu sedia apabila dibutuhkan dalam tugas pencarian dan pertolongan di bawah permukaan air, untuk itu.

"Saya berharap seluruh rescuer mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh dalam proses pembelajaran teori maupun praktek yang diberikan oleh para instruktur”, ucapanya.

Sementara itu Ketua Panitia Peningkatan Kompetensi Petugas SAR Kepala Subseksi Sumber Daya Karel Roni Ileng,S.E dalam sambutannya mengatakan bahwa  pelakasanaan peningkatan kompetensi petugas  SAR ini dimulai dari tanggal 12  hingga 15 Juli 2022 dimana satu hari para peserta menerima materi dari Instruktur yang berasal  Borneo Diving Center" tutupnya. (Mardat). ***

RELATED NEWS