Kapsul NASA yang Membawa Sampel Asteroid Pertama Mendarat di Bumi

redaksi - Rabu, 27 September 2023 17:25
Kapsul NASA yang Membawa Sampel Asteroid Pertama Mendarat di BumiIlmuwan NASA sedang membuka kapsul berisi sampel asteroid yang baru tiba dari luar angkasa. (sumber: The Japan Times)

UTAH (Floresku.com) -Para ilmuwan memperkirakan kapsul tersebut menampung setidaknya secangkir puing-puing dari asteroid kaya karbon yang dikenal sebagai Bennu, tetapi mereka tidak akan mengetahui secara pasti sampai wadahnya dibuka. 

Sampel asteroid pertama NASA yang diambil dari luar angkasa diterjunkan ke gurun Utah pada 24 September untuk mengakhiri perjalanan tujuh tahun. 

Dalam penerbangan melintasi Bumi, pesawat ruang angkasa Osiris-Rex melepaskan kapsul sampel dari jarak 100.000 km (63.000 mil).

 Kapsul kecil itu mendarat empat jam kemudian di lahan militer yang terpencil, saat kapal induk berangkat mengejar asteroid lain. 

“Kami sudah mendarat!” Flight Control mengumumkan, langsung mengulang kabar tersebut sejak pendaratan terjadi tiga menit sebelum antisipasi. 

Para pejabat kemudian mengatakan parasut bergaris oranye dibuka empat kali lebih tinggi dari yang diperkirakan – sekitar 20.000 kaki (6.100 m) – yang menyebabkan pendaratan lebih awal.

Para ilmuwan memperkirakan kapsul tersebut menampung setidaknya secangkir puing-puing dari asteroid kaya karbon yang dikenal sebagai Bennu, tetapi mereka tidak akan mengetahui secara pasti sampai wadah tersebut dibuka. 

Beberapa diantaranya tumpah dan hanyut ketika pesawat ruang angkasa mengambil terlalu banyak dan batu menyumbat tutup wadah saat pengumpulan tiga tahun lalu.

Jepang, satu-satunya negara yang membawa kembali sampel asteroid, mengumpulkan sekitar satu sendok teh dalam sepasang misi asteroid.

Kerikil dan debu yang dikirimkan pada tanggal 24 September mewakili tangkapan terbesar dari luar bulan. 

Sampel yang diawetkan dari awal mula tata surya kita 4,5 miliar tahun yang lalu akan membantu para ilmuwan lebih memahami bagaimana Bumi dan kehidupan terbentuk.

Osiris-Rex, pesawat induknya, meluncur dengan misi senilai $1 miliar pada tahun 2016. 

Pesawat tersebut mencapai Bennu dua tahun kemudian dan, dengan menggunakan alat penyedot debu yang panjang, mengambil puing-puing dari batu luar angkasa berbentuk bulat kecil tersebut pada tahun 2020. 

Saat kembali, pesawat ruang angkasa tersebut telah menempuh jarak 6,2 miliar km (4 miliar mil). ***

RELATED NEWS