Katalin Karikó dan Drew Weissman menangkan Hadiah Nobel untuk Vaksin COVID

redaksi - Selasa, 03 Oktober 2023 08:22
Katalin Karikó dan Drew Weissman menangkan Hadiah Nobel untuk Vaksin COVIDPeraih Nobel untuk vaksin COVID (sumber: Vatican News)

BUDAPEST (Floresku.com) - Hadiah Nobel bidang Fisiologi atau Kedokteran tahun ini dianugerahkan kepada sepasang ilmuwan yang mengembangkan teknologi yang menghasilkan vaksin mRNA COVID. 

Di antara mereka adalah seorang wanita Hongaria yang melanjutkan penelitiannya meski mendapat tentangan.

Perjalanan panjang bagi ilmuwan kelahiran Hungaria Katalin Karikó dan rekannya dari AS, Drew Weissman. 

Mereka pertama kali bertemu saat mengantri untuk mendapatkan mesin fotokopi dan kemudian membuat penemuan molekul mRNA yang membuka jalan bagi vaksin COVID-19.

Pada hari Senin (2/10), badan pemberi penghargaan di Swedia membuat pengumuman mengejutkan yang mengatakan bahwa mereka akan memberikan penghargaan kepada pasangan tersebut, yang dianggap sebagai favorit, “dengan Hadiah Nobel Fisiologi atau Kedokteran tahun 2023 atas penemuan mereka mengenai modifikasi basa nukleosida yang memungkinkan pengembangan mRNA yang efektif. vaksin melawan COVID-19."

Pengumuman tersebut dibuat oleh Thomas Perlmann, sekretaris Majelis Nobel di Institut Karolinska di Stockholm yang juga mengatakan kedua ilmuwan tersebut "kewalahan" dengan berita tentang hadiah tersebut ketika dia menghubungi mereka.

Karikó, seorang profesor berusia 68 tahun di Universitas Szeged di Hongaria dan asisten profesor di Universitas Pennsylvania, adalah wanita ke-13 yang memenangkan Hadiah Nobel bidang kedokteran.

Dia adalah wakil presiden senior di BioNTech, yang bermitra dengan Pfizer untuk membuat salah satu vaksin COVID-19. 

Rekan-rekannya di Hongaria memuji apa yang mereka sebut sebagai “kegigihannya yang luar biasa” selama puluhan tahun melakukan penelitian yang seringkali dilakukan sendirian, yang menurut mereka memungkinkan penghargaan tersebut terwujud.

Mereka ingat bahwa setelah melakukan penelitian biologi di kota Szeged, Hongaria, dia pindah ke Amerika Serikat dengan harapan dapat memperluas karya ilmiahnya. 

Namun setelah beberapa tahun dukungan terhadap penelitiannya dihentikan sehingga mendorongnya untuk mencari cara lain untuk melanjutkan.

Pada tahun 1998, dia menemukan rekan ilmiahnya di Weissman. Sekarang berusia 64 tahun, Weismann adalah dari Universitas Pennsylvania, dan profesor serta direktur Penn Institute for RNAInnovations.

Namun para kritikus mengatakan vaksin mRNA yang mereka bantu kembangkan pada awalnya terutama digunakan di Amerika Utara dan Eropa untuk mematikan COVID-19.

Hanya sejumlah kecil suntikan yang tersedia bagi negara-negara miskin beberapa bulan setelah vaksinasi dimulai di negara-negara kaya.

Kritikus lain juga mengutip laporan efek samping dari vaksin tersebut, namun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sepenuhnya mendukung peluncuran suntikan mRNA di seluruh dunia.

Hadiah yang dibagikan para ilmuwan berupa uang tunai sebesar 11 juta kronor Swedia atau $1 juta—dari warisan yang ditinggalkan oleh pencipta hadiah, penemu Swedia Alfred Nobel.

Mereka akan menerima penghargaan pada upacara pada tanggal 10 Desember, peringatan kematian Nobel. (Sumber: Vatican News). ***

RELATED NEWS