Kearifan Tiongkok di Situs Warisan UNESCO, Pegunungan Wudang

redaksi - Selasa, 10 Oktober 2023 12:42
Kearifan Tiongkok di Situs Warisan UNESCO, Pegunungan WudangPegunungan Wudang, Tiongkok (sumber: Pinteres.com)

WUDANG (Floresku.com) - Jangan heran jika filosofi Tiongkok berusia 2.500 tahun yang menekankan keselarasan antara manusia dan alam terus memengaruhi manusia hingga saat ini. 

Bergabunglah dengan Xinhua saat kami menjelajahi kearifan Tiongkok di Situs Warisan Dunia UNESCO Pegunungan Wudang di Tiongkok tengah.

Wudang adalah sebuah pegunungan di bagian barat laut Hubei, Tiongkok. 

Di sana terdapat kompleks kuil dan biara Tao terkenal yang terkait dengan Penguasa Utara, Xuantian Shangdi. 

Pegunungan Wudang terkenal dengan praktik Tai chi dan Taoisme sebagai mitra Tao dari Biara Shaolin, yang berafiliasi dengan Buddhisme Chán Tiongkok. 

Pegunungan Wudang adalah salah satu dari "Empat Gunung Suci Taoisme" di Tiongkok, tujuan penting ziarah Tao. Biara-biara seperti Taman Wudang dijadikan Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1994 karena signifikansi keagamaan dan pencapaian arsitekturnya.

Selama berabad-abad, pegunungan Wudang telah dikenal sebagai pusat penting Taoisme, terutama terkenal dengan seni bela diri versi Tao atau Taichi.

Tempat pemujaan pertama—Kuil Lima Naga—dibangun atas perintah Kaisar Taizong dari Tang.

Struktur lebih lanjut ditambahkan pada masa Dinasti Song dan Yuan, sedangkan kompleks terbesar di gunung ini dibangun pada masa Dinasti Ming (abad 14-17) karena Kaisar Yongle mengaku menikmati perlindungan dewa Beidi atau Xuantian Shangdi. Pada masa Dinasti Ming, 9 istana, 9 biara, 36 biarawati dan 72 kuil berlokasi di situs tersebut. 

Kuil-kuil secara teratur harus dibangun kembali, dan tidak semuanya bertahan; struktur tertua yang ada adalah Aula Emas dan Kuil Perunggu Kuno, dibuat pada tahun 1307.

https://floresku.com/read/ebulobo-gunung-api-paling-semetris-di-antara-14-gunung-api-di-flores

Bangunan terkenal lainnya termasuk Istana Nanyang (dibangun pada tahun 1285–1310 dan diperluas pada tahun 1312), Kota Terlarang Istana Taihe yang berdinding batu di puncaknya (dibangun pada tahun 1419), dan Kuil Awan Ungu (dibangun pada tahun 1119–1126, dibangun kembali pada tahun 1413 dan diperpanjang pada tahun 1803–1820). 

Saat ini, 53 bangunan kuno masih bertahan. 

Pada tanggal 19 Januari 2003, Istana Yuzhengong yang berusia 600 tahun di Pegunungan Wudang terbakar setelah secara tidak sengaja dibakar oleh seorang pegawai sekolah seni bela diri. 

Kebakaran terjadi di aula, menyebabkan tiga ruangan seluas 200 meter persegi menjadi abu. 

Patung Zhang Sanfeng berlapis emas, yang biasanya ditempatkan di Yuzhengong, dipindahkan ke bangunan lain tepat sebelum kebakaran, sehingga terhindar dari kehancuran. (Sil/Dari berbagai sumber).

 

Editor: redaksi

RELATED NEWS