Kebakaran di Portugal, Banjir di Slovenia Saat Cuaca Buruk Melanda Eropa

redaksi - Rabu, 09 Agustus 2023 16:08
Kebakaran di Portugal, Banjir di Slovenia Saat Cuaca Buruk Melanda EropaKebakaran hutan di Aljezur, Portugal (sumber: Media Vatikan)

LISBON (Floresku.com) - Pasukan pemadam kebakaran di Portugal sedang berjuang untuk menahan kebakaran hutan yang melanda ribuan hektar, dengan pihak berwenang mengatakan sedikitnya sembilan petugas pemadam kebakaran terluka dalam kobaran api. 

Hal itu terjadi karena sebagian besar Eropa menderita pola cuaca ekstrem mulai dari gelombang panas hingga hujan lebat dan badai yang menyebabkan banjir dan tanah longsor yang mematikan. 

Sekitar 2.000 petugas pemadam kebakaran berjuang melawan kebakaran hutan setelah beberapa hari panas ekstrem di seluruh Portugal.

Setidaknya 17 tewas setelah tanah longsor di wilayah Racha Georgia (ANSA)

Tapi karena orang-orang ini berjuang di antara pohon yang terbakar, sudah dinyatakan tidak aman bagi orang yang tinggal di dekatnya.

Pihak berwenang mengatakan sedikitnya 1.400 orang telah dievakuasi dari kota selatan Odemira. Beberapa petugas pemadam kebakaran terluka.

Kobaran api telah dikaitkan dengan gelombang panas dengan suhu lebih dari 40 Celcius (104 Fahrenheit) yang melanda sebagian besar semenanjung Iberia minggu ini.

Ada harapan ketika pihak berwenang mengumumkan bahwa tiga kebakaran besar yang menghanguskan ratusan hektar di negara tetangga Spanyol selama akhir pekan telah dapat dikendalikan. Namun peringatan cuaca tetap ada di sebagian besar negara.

Bantuan internasional
Di tempat lain di Eropa, aliansi militer Uni Eropa dan NATO telah mulai mengirimkan bantuan mendesak ke Slovenia setelah banjir mematikan selama akhir pekan menyusul hujan yang memecahkan rekor.

Banjir yang melanda dua pertiga negara kecil Eropa itu dilaporkan menewaskan sedikitnya enam orang dan menyebabkan ratusan orang kehilangan tempat tinggal.
 Lebih jauh di Georgia, hari berkabung diamati untuk puluhan orang yang dipastikan tewas atau hilang setelah tanah longsor melanda kawasan resor di pegunungan negara itu pekan lalu.

Tanah longsor melanda daerah Shovi pada Kamis sekitar 140 kilometer barat laut ibu kota Tbilisi.

Paus Fransiskus berdoa bagi mereka yang menderita dalam tragedi tersebut di tengah kekhawatiran yang lebih luas tentang iklim di Eropa (*) 

Editor: redaksi

RELATED NEWS