Kecelakaan Truk Migran di Meksiko, 53 Orang Meninggal, RIP

redaksi - Jumat, 10 Desember 2021 17:11
Kecelakaan Truk Migran di Meksiko,  53 Orang Meninggal, RIPJenazah para korban kecelakaan di Meksiko (sumber: www.latimes.com)

MEKSIKO (Floresku.com) - Sebanyak 53 orang meninggal dunia dan puluhan lainnya dilaporkan terluka dalam kecelakaan di negara bagian Chiapas selatan, di mana banyak migran secara teratur menyeberang ke Meksiko dari Amerika Tengah. 

Sedikitnya 53 orang tewas dan puluhan terluka dalam kecelakaan truk yang mengerikan di Meksiko selatan pada Kamis, kata pihak berwenang, dengan sebagian besar korban diyakini migran yang datang dari Amerika Tengah.

Kecelakaan itu, yang terjadi di negara bagian Chiapas selatan, terjadi ketika sebuah truk yang membawa lebih dari 100 orang terbalik pada Kamis sore di dekat Tuxtla Gutiérrez, ibu kota, kata kepala Layanan Perlindungan Sipil negara bagian, Luis Manuel García Moreno, kepada Milenio TV.
Kecelakaan itu adalah salah satu yang paling mematikan yang melibatkan migran dalam beberapa dekade, dan mengikuti kematian 13 migran dalam kecelakaan mobil di perbatasan AS pada bulan Maret.

García mengatakan bahwa, berdasarkan kesaksian saksi, truk tersebut melaju dengan kecepatan tinggi dan kemudian terbalik saat berbelok tajam, dengan trailer yang membawa para migran kemudian menabrak jembatan penyeberangan dan konstruksi di dekatnya.

Gambar dan video yang dibagikan di media sosial menunjukkan lebih dari selusin mayat tergeletak di jalan tertutup kain putih di dekat sisa-sisa kendaraan yang terbalik.

Layanan Perlindungan Sipil mengatakan di Facebook bahwa 58 orang lainnya terluka. Kecelakaan itu terjadi di jalan raya antara kota Chiapa de Corzo dan ibu kota negara bagian. 

“Solidaritas saya dengan para korban kecelakaan lalu lintas,” kata gubernur negara bagian itu, Rutilio Escandón, di Twitter. “Saya telah memberikan instruksi untuk memberikan perhatian dan bantuan segera kepada yang terluka. Tanggung jawab akan ditentukan sesuai dengan hukum.”

Berbatasan dengan Guatemala, negara bagian Chiapas dalam beberapa tahun terakhir mengalami lonjakan migran dari Amerika Tengah, banyak dari mereka diselundupkan melalui Meksiko dalam perjalanan ke perbatasan Amerika Serikat. Sebuah rekor 1,7 juta migran, terutama dari Meksiko dan Amerika Tengah, ditemukan mencoba memasuki Amerika Serikat secara ilegal dalam 12 bulan menjelang Oktober tahun ini.

Mencoba mencapai Amerika Serikat, baik untuk mencari suaka atau mencari peluang ekonomi, adalah proses yang berbahaya dan terkadang mematikan, dengan para migran harus melakukan perjalanan melalui wilayah yang dipenuhi kartel di Meksiko utara, sering kali membayar mahal kepada penyelundup untuk mendapatkannya. ke perbatasan. ***

RELATED NEWS