Kekerasan di Cabo Delgado, Mozambik Meningkat, Apostolik Pemba Desak Pemerintah Bertindak Untuk Mengakhiri

redaksi - Selasa, 30 Maret 2021 22:33
Kekerasan di Cabo Delgado, Mozambik Meningkat, Apostolik Pemba Desak Pemerintah Bertindak Untuk MengakhiriMozambik (sumber: null)

Puluhan ribu pengungsi internal yang melarikan diri dari kekerasan di Cabo Delgado telah mencari perlindungan di pusat informal di distrik Tara Tara di Matuge. (Foto.AFP)

Berkenaan dengan perayaan hari Minggu Palem (28/3), administrator apostolik Pemba, di Mozambik, mengeluarkan seruan untuk diakhirinya kekerasan di provinsi utara Cabo Delgado.

Oleh: Lisa Zengarini*

Administrator apostolik Keuskupan Pemba, di Cabo Delgado, Mozambik, telah menyerukan diakhirinya perang di provinsi itu, di mana kekerasan ekstrim oleh gerilyawan jihad telah menyebabkan sedikitnya 2.000 orang tewas dan lebih dari 700.000 orang mengungsi. 

Dalam homilinya untuk Minggu Palem, Uskup António Juliasse memohon belas kasihan Kristus sehingga “semua dapat diubah dari dalam” dan perang ini “yang tidak dipahami oleh siapa pun dan yang merugikan semua orang dapat diselesaikan secepat mungkin”.

Penduduk desa Cabo Delgado menghadapi kekerasan, pengungsian, kelaparan, penyakit, Para pemimpin harus mempraktikkan keadilan.

Dia mengingatkan para pemimpin Mozambik tentang tugas mereka untuk menjamin keadilan sehingga “melindungi orang dari kejahatan”.  “Keadilan dalam suatu bangsa tidak bisa dinegosiasikan. 

Seorang pemimpin yang tidak mengamalkan keadilan bukan lagi benar-benar seorang pemimpin ”, katanya, menekankan bahwa pemerintah harus memperhatikan yang paling miskin dan membantu mereka mengatasi kemiskinan dan tidak ada yang harus dikucilkan“ karena alasan agama,  politik, etnis atau  bahkan daerah. ".

Tidak ada agama kekerasan
Ia juga menegaskan bahwa para pemuka agama tidak boleh melakukan kekerasan, karena, menurutnya, “tidak ada agama yang melakukan kekerasan”. 

Di sisi lain, ia menambahkan, para pemimpin pemerintah tidak boleh “lepas tangan” dari tanggung jawabnya, seperti Pilatus, karena ini berarti mengutuk orang yang tidak bersalah. 

"Jika seorang pemimpin mencuci tangannya, dia mengutuk semua orang yang dia perintah", tegasnya. Uskup Juliasse akhirnya meminta Tuhan untuk menunjukkan kepada orang-orang Mozambik cara lain: "bukan cara kekerasan, bukan cara kekejaman, tapi cara cinta, persaudaraan".

Paus Fransiskus serukan  solidaritas dengan Cabo Delgado
Kekerasan di provinsi utara Cabo Delgado pecah pada akhir 2017, ketika kelompok jihadi lokal yang dikenal sebagai Ansar al-Sunnah, yang telah menyatakan kesetiaannya kepada apa yang disebut ISIS, melancarkan pemberontakan dan meningkat pada tahun lalu. Provinsi ini adalah salah satu yang termiskin di Mozambik, tetapi sangat kaya akan gas dan rubi yang telah menarik banyak perusahaan asing, tetapi juga milisi jihadi, yang ingin memperkenalkan hukum Islam dan membuat kekhalifahan. 

Milisi telah menyerang desa, gereja, membunuh warga sipil, dan tentara untuk mengambil alih infrastruktur strategis dan tambang ekstraktif. Serangan tersebut menjadi semakin kejam dan menargetkan baik orang Kristen maupun Muslim. Rabu lalu, serangan teroris meningkat di distrik Palma, yang mendorong 1.800 orang meninggalkan wilayah itu dengan perahu.

Krisis di Cabo Delgado menarik perhatian internasional tahun lalu, ketika mantan Uskup Pemba Luiz Fernando Lisboa dan uskup Mozambik menyerukan dukungan, dan Paus Fransiskus memohon solidaritas dalam pesan Paskah Urbi dan Orbi pada 12 April 2020.(*)

*Lisa Zengarini adalah editor vaticannews.va.

RELATED NEWS