Kepala BGP NTT, Wirman Kasmayadi: Guru Penggerak Berperan Strategis dalam Mentransformasi Pendidikan

redaksi - Senin, 03 April 2023 12:22
Kepala BGP NTT, Wirman Kasmayadi: Guru Penggerak Berperan Strategis dalam Mentransformasi PendidikanKepala BGP NTT, Dr. Wirman Karyadi (kedua dari kiri) dan Kadis PK Kabupaten Ende. Matildis Mensi Tiwe (kedua dari kanan) saat memberikan peneguhan kepada para CGP Kabupaten Ende, peserta Lokakarya Pendidikan Guru Penggerak, di Aula Dinas P dan K, Kabupaten Ende, Sabtu, 1 April 2023. (sumber: Bob Sina)

ENDE (Floresku.com) -   Kepala  Balai Guru Penggerak Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dr. Wirman Kasmayadi, bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende, Matildis Mensi Tiwe, memberikan peneguhan kepada Calon Guru Penggeak (CGP) Angkatan 6 Kabupaten Ende  dalam kegiatan Lokakarya 6 Program Pendidikan Guru Penggerak yang dilaksanakan  di  Aula Dinas P dan K Kabupaten Ende, Sabtu, 1 April 2023.  

Kehadiran Kepala BGP tersebut dalam rangkaian kegiatan  monitoring  Lokakarya 6 Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6, di  Kabupaten Ende.

Dalam sambutanya, Wirman Kasmayadi mengungkapkan  bahwa sejak tahun 2021, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Riset dan Teknologi telah melakukan transformasi pendidikan dengan program Merdeka Pelajar. 

Guru Penggerak hendaknya menghayati dan melaksanakan tugas panggilannya sesuai filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara, Tinggal satu tahap lagi  CGP  angkatan 6 Kabupaten Ende akan  menjadi guru penggerak yang berfungsi sebagai gerbang menuju transformasi pendidikan. 

Guru Penggerak akan   mengemban peran strategis dalam peningkatan mutu sekolah dan  transformasi pendidikan di Indonesia. 

Wirman Kasmayadi menambahkan pendekatan pendidikan adalah pendekatan pelayanan bukan perintah.

 Oleh karena itu  guru penggerak diharapkan  tanpa henti memoles diri dengan berlomba  melakukan pelayanan terbaik bagi peserta didik

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende, Matildis Mensi Tiwe, dalam arahannya kepada para CGP Angkata 6 kabupaten Ende, mengharapkan, guru penggerak dapat mengembangkan visi pendidikan sebagai pelaku perubahan pendidikan di Kabupaten Ende. 

Lebih lanjut, Mensi Tiwe menggugah  para   guru  penggerak agar bertindak lebih sebaagai aktor utama peningkatan kualitas pendidikan dan membangun budaya mutu sekolah di Kabupaten Ende.

Foto bersama Kepala BGP NTT, Dr. Wirman Kasmayadi dengan CGP Angkatan 6. Kab. Ende. ( Sumber Bob Sina)

 Sementara itu, di sela – sela kegiatan Lokakarya 6, Yohanes Brekmans Rea, salah satu pengajar praktek CGP  angkatan 6, kepada awak media Floresku.com, mengungkapkan perasaan bahagianya.

“Saya sangat berbahagia, karena sebagai pengajar praktek, saya bisa memainkan peran strategis   mempersiapkan pemimpin pembelajaran melalui kegiatan lokakarya dan pendampingan secara individu terhadap CGP,” ujar Yohanes.

“Melalui lokakarya ini kami sangat terbantu dapat mempersiapkan CGP sehingga mereka memiliki ketrampilan yang memadai. Dengan demikian seluruh materi pembelajaran dan kegiatannya berjalan dengan baik,” ujarnya lagi.

Menurut dia, lokakarya tersebut sangat bagus karena materi yang disajukan telah tertata  dengan baik dan dapat diformulasikan bersama para CGP. 

“Slogan guru penggerak: Merdeka Belajar dapat mengembalikan otonomi guru,” pungkasnya. (Bob Sina). ***

RELATED NEWS