KISAH AKHIR PEKAN: Kambing dan Anjing

redaksi - Sabtu, 20 Mei 2023 10:04
KISAH AKHIR PEKAN: Kambing dan AnjingPater Ferry N. Plato, SVD, misionaris Brasil. (sumber: Dokpri)

SEORANG Raja bertanya kepada Perdana Menterinya,”Mengapa di dunia ini hanya ada kambing berkelompok, tetapi tidak ada anjing yang berkelompok?”

Untuk menjawab pertanyaan itu, sang Perdana Menteri membawa Raja ke sebuah ruangan dan memerintahkan para pengawal melepaskan 100 ekor kambing ke ruangan tersebut dan melemparkan beberapa ikat rumput ke dalamnya. 

Lalu ia juga meminta para pegawainya  melepaskan 50 ekor anjing ke ruangan yang lain dan menaruh beberapa bongkahan daging. Kemudian ke dua pintu ruangan itu di tutup.

Keesokan harinya Perdana Menteri mengajak Raja untuk melihat  kedua ruangan itu. Kambing-kambing yang berada di ruangan pertama  tampak akur dan terlihat sedang beristirahat dengan tenang  sedangkan di ruangan lain, tercium bau amis darah. 

Ilustrasi: seekor anjing dan sekelompok kambing. (Foto: Istimewa)

Ternyata anjing-anjing itu berkelahi saling memperebutkan bongkahan daging. Akhibatnya, beberapa ekor anjing mati.

“Pertanyaan Paduka terjawab, bukan? Kambing berkelompok karena mereka bisa bekerja sama, mau mengalah, mau mendahulukan temannya yang lain. Sedangkan anjing tidak  bisa mengalah, ingin menang sendiri, ingin didahulukan. Akibatnya mereka tidak bisa hidup berkelompok, hanya bisa hidup sendiri-sendiri.”

Refleksi

Tidak akan ada kerja sama atau kesatuan di dalam sebuah sikap ingat diri atau egois. 

Oleh sebab itu, bila kita rindu melihat  kemajuan, kekuatan, bahkan keberhasilan dalam  negeri, provinsi, kabupaten, perusahaan, ataupun lembaga-lembaga pendidikan dan sosial lainnya, mari kita belajar dari perinsip dan sikap hidup kambing, mau mengalah, mau membagi, tidak enggan bersahabat dengan yang lain, mampu bermurah hati.

Selamat berakhir pekan ria bersama orang2 yang anda cintai, saudara-saudariku

Teguh dalam iman.. Setia dalam kasih … tegap dalam harapan dan tetap semangat dalam karya bakti. 

Tuhan memberkati. Pax et bonum. 
P. Ferry N Plato SVD - Padre Rafael,svd - #aLLisLiFe - #sant@parecida - #amorvence. ***

RELATED NEWS