Kolaborasi Bersama 'Koalisi KOPI' dan Kelurahan Onekore, TBAM-Ende Selenggarakan Kegiatan Mural Aksi Iklim

redaksi - Senin, 14 November 2022 12:17
Kolaborasi Bersama 'Koalisi KOPI' dan Kelurahan Onekore, TBAM-Ende Selenggarakan Kegiatan Mural Aksi IklimMural Aksi Iklim, hasil karya anak-anak muda Kelurahan Onekore, Ende. (sumber: Rian)

ENDE (Floresku.com) - Komunitas Literasi Taman Baca Anak Merdeka (TBAM)-Ende menyelenggarakan kegiatan mural aksi iklim. 

Kegiatan mural ini bekerja sama dengan Koalisi Aksi Orang Muda Untuk Perubahan Iklim (Koalisi KOPI) dan Pemerintah Kelurahan Onekore. 

Mural ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat di Kelurahan Onekore Ende agar lebih peka terhadap persoalan lingkungan hidup. Kegiatan mural diikuti oleh anak muda Kelurahan Onekore, berlangsung dari tanggal 28 Oktober-14 November 2022.  

Dua anak muda Kelurahan Onekore, Ende sedang menggambar Mural Aksi Iklim (Foto: Rian).

Kegiatan mural ini didukung oleh Koalisi Aksi Orang Muda Untuk Perubahan Iklim atau Koalisi KOPI. Koalisi KOPI merupakan sebuah gerakan yang diinisiasi oleh organisasi Hutan Itu Indonesia dan Terasmitra di NTT. 

'Gerakan Aksi Orang Muda Untuk Perubahan Ikli'  berkolaborasi dengan 71 komunitas/organisasi anak muda di NTT sejak November 2021 sampai saat ini. Koalisi KOPI juga tengah mempersiapkan kegiatan Festival Pesta Raya Flobamoratas yang merupakan festival aksi iklim pada 18-19 November 2022. Kegiatan berlangsung di Kota Kupang. 

Ketua Taman Baca Anak Merdeka, Mario Gesiradja menerangkan bahwa masyarakat kelurahan Onekore begitu antusias terhadap aksi mural yang dilakukan.  

“Masyarakat mengharapkan untuk mengadakan mural di lebih banyak tempat di Kelurahan Onekore. Sehingga ini mungkin akan menjadi kegiatan rutin tahunan dan menjadikan Kelurahan Onekore sebagai Kelurahan yang penuh dengan mural edukatif.”, ungkap pria yang akrap disapa Mario tersebut. 

Mario pun menambahkan bahwa perlunya lebih banyak aksi mural edukatif yang berisikan kampanye tentang perubahan iklim baik di Kelurahan Onekore maupun di Kabupaten Ende agar masyarakat menjadi lebih sadar akan persoalan krisis iklim yang terjadi saat ini, khususnya persoalan krisis iklim di Ende. 

  “Yang menjadi tantangan dalam gerakan aksi iklim maupun untuk isu yang lainnya di Ende adalah bagaimana melibatkan anak muda. Selanjutnya, kami akan terus menggalakan anak muda di Ende untuk terlibat dalam isu iklim dan isu-isu yang lainnya.”, tutur pria yang juga adalah guru SD.                                                                                                    

 Koordinator Koalisi KOPI Regional Flores Barat, Efraim Mbomba Reda menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan mural aksi iklim yang sudah dilakukan oleh Komunitas Taman Baca Anak Merdeka-Ende di Kelurahan Onekore.           

 “Mural aksi iklim yang dilakukan oleh Taman Baca Anak Merdeka-Ende merupakan cara menarik dalam kampanye isu perubahan iklim kepada publik yang dilakukan oleh anak muda. Kiranya gerakan kampanye isu perubahan iklim di Ende terus dilakukan Taman Baca Anak Merdeka kedepannya.”, jelas Efraim. (Rian). ***

RELATED NEWS