Kompol Veronica Bangga Bisa Wakili Polda NTB dalam Konferensi Polwan Sedunia

redaksi - Senin, 08 November 2021 20:15
Kompol Veronica Bangga Bisa Wakili Polda NTB dalam Konferensi Polwan SeduniaKompol Veronica (kanan) foto bersama para Polwan dari berbagai negara disela Konferensi Polwan sedunia di Labuhan Bajo, NTT. (sumber: Istimewa)

LABUAN BAJO (Floresku.com)- Konferensi Polisi Wanita Sedunia ke-58  ('The 58th International Association of Women Police' (IAWP)) digelar di Labuan Bajo, Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), 6 – 11 November 2021. IAWP dibuka secara resmi oleh Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo pada hari Senin, 8 November 2021. 

Salah satu utusan Indonesia dari Polda NTB adalah Kompol Veronica SIK. Polwan ramah lulusan Sespimen Polri TA 2021 ini mengaku bangga dan terharu bisa mewakili Polda NTB menjadi salah satu peserta dalam konferensi IAWP tersebut.

Kami tentu sangat bangga sekaligus terharu ya, ditunjuk sebagai perwakilan Polda NTB dalam pertemuan IAWP ini,” kata Kompol Veronica, saat ditemui floresku.com Senin (8 November 2021).

Seperti diketahui, kegiatan pra-konferensi IAWP ke 58, Minggu 7 November 2021 diisi dengan Parade of Nations di ruas jalan utama Kota Labuhan Bajo, Manggarai Barat, NTT.

Para peserta dari 38 negara mengikuti parade kenegaraan dengan seragam masing-masing. Tampilan seni budaya Indonesia juga dihadirkan dalam parade tersebut.

Veronica mengatakan, selain bisa mengikuti konferensi dan menambah pengetahuan dan wawasan tentang tantangan Polisi Wanita ke depan, ajang IAWP juga menjadi wadah saling mengenal kultur dan budaya.

Menurutnya, hal ini juga menjadi salah satu wadah mempromosikan pariwisata Indonesia.

“Selain menjalankan tugas mengikuti konferensi ini, saya pikir rekan-rekan Polwan Polri dari berbagai daerah juga bisa mengenalkan potensi budaya dan pariwisata di daerahnya kepada peserta lain nantinya,” tukas Perwira Menengah Polda NTB ini.

Sebagaimana diberitakan oleh media ini sebelumnya, IAWP  yang dilaksanakan di masa pandemi ini merupakan konferensi pertama dalam sejarah yang menggunakan pola hybrid, daring dan luring sekaligus.

Kegiatan dihadiri 691 Polwan sebagai peserta konferensi berasal dari 38 negara seperti Asia, Australia, Eropa, Amerika, Afrika dan Timur Tengah serta 8 organisasi internasional seperti INTERPOL, ASEANAPOL, GCCPOL, UNODC, ICRC, UN Women, UNDPO dan JCLEC.

Diketahui sebanyak 245 peserta offline langsung hadir di Labuan Bajo dan 446 peserta online di negara masing-masing. Mabes Polri dan masing-masing Polda di tiap Provinsi mengirimkan utusan dalam konferensi ini. (Paul) ***

 

Editor: redaksi

RELATED NEWS