Kondisi Ruangan SDI Sangka di Mabar Rusak Parah, Guru dan Muridnya Tetap Semangat

redaksi - Sabtu, 11 Desember 2021 00:11
Kondisi Ruangan SDI Sangka di Mabar Rusak Parah,  Guru dan Muridnya Tetap SemangatMeja guru di SDI Sangka, Desa Watu Manggar, Kecamatan Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat. (sumber: Tedy N)

LABUAN BAJO (Floresku.com) - Pendidikan adalah sektor penting dalam proses pembangunan manusia. Melalui proses pendidikan, sebuah negara mampu mencetak generasi penerus bangsa yang handal.

Selain itu, dengan proses pendidikan, berbagai macam persoalan seperti kemiskinan, kesenjangan sosial, dan buta huruf bisa diatasi. Semua ini bertujuan untuk memajukan sebuah bangsa lewat berbagai inovasi sebagai akibat langsung dari proses pendidikan.

Namun, Sampai saat ini, proses pendidikan masih diterlantarkan di beberapa daerah seperti SDI Sangka, Desa Watu Manggar, Kecamatan Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun media ini, gedung dan kondisi ruangan SDI Sangka itu sudah bertahun-tahun tidak kunjung direnovasi. Padahal, kondisinya sangat parah dan tidak memungkinkan lagi untuk anak-anak sekolah belajar dengan aman.

Beberapa ruangan terlihat rusak parah, kondisi plafon yang penuh lobang, tembok gedung juga hancur, perabot di dalam ruangan seperti meja dan kursi untuk murid dan guru sama sekali tidak bisa digunakan. Papan tulis juga sudah tidak layak digunakan.

Ada beberapa meja yang rusak di mana kakinya patah sebelah. Dan hampir semua kursi di dalam ruangan tidak nyaman dipakai oleh murid dan guru, sehingga ada beberapa murid terpaksa harus menggunakan satu kursi untuk dua orang sekaligus.

Namun, dari raut wajah anak-anak sekolah terlihat jelas bahwa mereka tetap semangat meskipun kondisi ruangan kelas rusak parah.

Terbersit harapan dari semangat anak-anak itu semoga pemerintah membuka mata terhadap kondisi yang mereka alami.

Di sisi lain SDI Sangka sudah tua dan telah mencetak banyak orang-orang hebat yang berkiprah di berbagai bidang.

Diketahui bahwa SD Sangka berdiri pada tahun 1983. Dan kerusakan tersebut sudah bertahun-tahun lamanya, sampai sekarang belum direnovasi.

Editor: redaksi

RELATED NEWS