Koneksi Jakarta - Beijing, Jalin Solidaritas Bersama Lawan Pandemi Covid-19

MAR - Rabu, 11 Agustus 2021 17:03
Koneksi Jakarta - Beijing, Jalin Solidaritas Bersama Lawan Pandemi Covid-19 Pemerintah Indonesia Jalin Solidaritas dengan Pemerintah China dalam Melawan Pandemi Covid-19 (sumber: maritim.go.id)

JAKARTA  (Floresku.com) - Perkuat kemitraan strategis bilateral, pemerintah Indonesia dan Cina jalin solidaritas bersama melawan pandemi Covid-19. Hal ini dibuktikan lewat donasi berupa bantuan medis dari pemerintah China berupa alat kesehatan seperti ventilator, oxygen concentrator, oxygen nasal cannulas, dan oxygen face mask kepada Indonesia.

Serah terima bantuan medis tersebut dilakukan di Kemenko Marves, pada Selasa, 10 Agustus 2021. Dalam penyerahan bantuan tersebut, pemerintah Cina diwakili oleh Dubes Ciina untuk Indonesia, Xiao Qian serta perwakilan dari Huawei.

Bantuan dari Cina tersebut disambut baik oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan dan  didampingi oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi G. Sadikin. 

“Mewakili pemerintah Indonesia, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih saya kepada pemerintah Cina, Huawei, dan Cina Eastern Airlines, atas bentuk kerja sama serta kooperasi yang diberikan kepada pemerintah Indonesia dan masyarakatnya,” ungkap Menko Luhut di kantor Kemenko Marves, pada Selasa, 10 Agustus 2021.  

Peralatan-peralatan medis tersebut menjadi alat krusial dalam melawan varian Delta yang kian menular di Indonesia saat ini. Selain itu bekerja sama dengan Pemerintah Cina, Indonesia juga sedang mendorong masyarakat untuk dapat mengikuti vaksinasi.

“Saya juga mengapresiasi apa yang Pemerintah Cina berikan bagi kami, dan apa yang diberikan kepada Indonesia bukan hanya membantu kehidupan masyarakat Indonesia, tetapi juga sebagai bentuk kemanusiaan dari Pemerintah Cina untuk Pemerintah Indonesia,” tambah Menkes Budi.

Pernyataan Menko Luhut dan Menkes Budi disambut baik oleh Dubes Xiao Qian. Ia menyampaikan bahwa situasi Pandemi Covid-19 di Indonesia turut menjadi perhatian Pemerintah Cina Pada tanggal 9 Agustus 2021 sebagian barang donasi telah dikirim, sisanya akan sampai pada hari Jumat mendatang.

“Pemerintah Cina dan Indonesia merupakan teman, tetangga, dan juga rekanan yang baik. Dalam menghadapi pandemi, dukungan ini merupakan bukti persahabatan serta solidaritas dari Cina kepada Indonesia,” tutur Dubes Xiao Qian.

Menyambung, Menko Luhut juga menyampaikan bahwa Indonesia akan mendukung investasi dari Cina ke depannya dalam bidang kesehatan, seperti vaksin, pembuatan alat kesehatan serta pembangunan rumah sakit internasional. 

“Tidak ada satu negara pun di dunia yang bisa melawan pandemi ini sendirian, kita harus menjalin kebersamaan, solidaritas, serta persahabatan antarnegara untuk dapat melawan wabah ini ke depan,” pungkas Menko Luhut.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Fachrizal pada 11 Aug 2021 

RELATED NEWS