Koperasi Arthomoro Luncurkan 'Artho Super Apps'

redaksi - Sabtu, 29 Oktober 2022 08:35
Koperasi Arthomoro Luncurkan 'Artho Super Apps'Koperasi Arthomoro, meluncurkan aplikasi baru bernama Artho Super Apps di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, pada Rabu 26 Oktober 2022. (sumber: Istimewa)

JAKARTA (Floresku.com) – Koperasi berbasis digital pertama di Indonesia, Koperasi Arthomoro, meluncurkan aplikasi baru bernama Artho Super Apps di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, pada Rabu 26 Oktober 2022.  Artho Super Apps dilengkapi dengan sejumlah fitur lengkap.

Ada aplikasi jasa trasnportasi online seperti ojek online dan taxi online yang dinamakan Artho Ride. Ada juga Artho Trade yaitu, trading komoditi dimana masyarakat penghasil komoditi dapat langsung menjual produknya dalam skala kecil maupun besar kepada end user tanpa melalui pihak ketiga atau perantara. 

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur e-commerce yang terbagi menjadi 2 fitur perdagangan online yakni Artho Mall sebagai platform perdagangan online multi produk dan Artho Mart yang dibangun khusus untuk pedagang-pedagang kecil seperti warung kelontong yang menjual kebutuhan harian masyarakat.

Fitur lain, Artho Jasa adalah fitur bagi para pekerja informal untuk bisa mendapatkan peluang menawarkan jasa dan keahliannya dengan 60 lebih kategori jasa dan keahlian yang tercakup di dalam Aplikasi Artho Super Apps.

Sebagai aplikator, Artho Super Apps memberikan fasilitas dan keuntungan yang lebih dapat dirasakan manfaatnya oleh para penyedia jasa maupun pengguna pada aplikasi tersebut, karena dengan mengusung skema dan prinsip koperasi, setiap penyedia jasa dalam aplikasi Artho Super Apps otomatis menjadi anggota koperasi Arthomoro.

Pengguna pun dapat menjadi anggota koperasi dengan cara mendownload aplikasi Artho Pay dan melakukan upgrade keanggotaan langsung di aplikasi tersebut.

Keuntungan sebagai anggota koperasi Arthomoro dari sisi penyedia jasa, yakni, selain menjadi mitra penyedia layanan, anggota juga dipastikan akan mendapatkan Sisa Hasil Usaha (SHU) Koperasi Arthomoro pada tiap akhir tahun buku koperasi. 

Dengan kata lain, mitra aplikasi Artho Super Apps secara teknis adalah bagian dari pemilik Koperasi Arthomoro dan bisa mendapatkan keuntungan tambahan setiap akhir tahun dari SHU Koperasi Athomoro.

Ketua Umum Koperasi Arthomoro, Haryanto Mangundihardjo menyampaikan, aplikasi ini dibangun dengan tujuan untuk upaya mengangkat kesejahteraan masyarakat dengan menjadikan mitra bagian dari pemilik koperasi, bukan hanya sekedar pekerja yang melayani kebutuhan masyarakat tanpa ada tambahan keuntungan lainnya.

“Untuk jasa Artho Ride para driver hanya dikenakan potongan Rp. 3000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil, tanpa perhitungan persentase dari tarif yang tertera pada aplikasi, sehingga para dirver tidak terbebani biaya admin yang tinggi saat melayani order dari pengguna, dan bagi pengguna jasa pasti juga akan mendapatkan layanan dengan harga yang lebih murah karena tarif yang dikenakan secara real disesuaikan dengan jarak tempuh tanpa ada pembulatan jarak dan pembulatan tarif yang biasa mendongkrak harga dan tanpa adanya pemberlakuan tarif khusus pada jam – jam sibuk,”  ungkap Haryanto.

Haryanto menjelaskan, Koperasi Arthomoro dan Artho Super Apps diharapkan mampu menjadi salah satu solusi dalam memperkuat ekonomi kerakyatan pasca pandemi yang sangat berdampak pada perekenomian masyarakat, seraya menyampaikan motto  Koperasi Arthomoro “gotong royong, semua tertolong.”

Kegiatan peluncuran Artho Super Apps di Ballroom Grand Sahid Jaya Hotel ini dilanjutkan dengan konvoy driver Artho Ride yang melintasi jalan Sudirman hingga Thamrin, bertitik awal di depan Grand Sahid Jaya Hotel melintasi Bundaran HI hingga Istana Merdeka lalu kembali menuju Bundaran Senayan. ***

 

 

 

RELATED NEWS