KPU Mabar Gelar Sosialisasi Pendidikan Pemilih di Tentang, Kecamatan Ndoso

redaksi - Jumat, 03 September 2021 16:29
KPU Mabar Gelar Sosialisasi Pendidikan Pemilih di Tentang, Kecamatan Ndoso Komisioner KPU Mabar, Ponsianus Mato (kiri) dan rekannya (sumber: Tedy N)

TENTANG (Floresku.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) gelar sosialisasi pendidikan pemilih berkelanjutan di Tentang, Kecamatan Ndoso, Kabupaten Manggarai Barat, Jumat, 03 September 2021. 

Komisioner KPU Mabar, Ponsianus Mato yang adalah Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan sekaligus sebagai Koordinator wilayah Kecamatan Ndoso menyampaikan bahwa tujuan utama dari sosialisasi pendidikan pemilih sekurang-kurangnya ada tiga. 

 Pertama, ingin memastikan setiap warga negara agar menyadari tentang haknya, yaitu hak dalam memilih. Kedua, mencari tahu kepada pemilih mungkin ada kendala yang dialami dalam pilkada sebelumnya. 

Ketiga, oleh karena pada tahun 2024 akan digelar Pilpres, Pileg dan Pilkada,  maka pihak KPU Mabar melalui kegiatan ini ingin mendengar secara langsung dan menghimpun masukan atau saran, dan harapan dari para pemilih.

“Tujuan kita ke desa ini, yaitu pertama, ingin memastikan setiap warga agar mengetahui tentang haknya dalam pesta demokrasi, yaitu hak memilih. Kita pastikan agar rakyat berpastisipasi mewujudkan haknya. Kedua, kita memastikan mungkin ada kendala dalam pelaksanaan pilkada kemarin sehingga kita langsung turun ke desa untuk memonitor tentang hal itu. Sehingga kedepannya bisa ada perbaikan atas dasar masukan dari bawah. Ketiga, 2024 itu akan dilaksanakan pemilu maupun pemilihan, kita ingin mendapatkan harapan dari bawah, apa sih harapan dari bawah berkaitan dengan pemilu yang akan datang”, jelas Mato.

Adapun yang hadir dalam kegiatan sosialisasi ini sebanyak 30 orang, di antaranya dari pihak KPU Mabar, Pemerintah Desa Tentang, dan beberapa masyarakat Tentang. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19. (Tedy N)

Editor: Redaksi

RELATED NEWS