Luar Biasa, Realisasi PAD DLH Manggarai Pada Semester I Tahun 2023 Lampaui Target

redaksi - Sabtu, 05 Agustus 2023 10:23
Luar Biasa, Realisasi PAD DLH Manggarai Pada Semester I Tahun 2023 Lampaui Targetrealisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) (sumber: Igen/Jivansi)

RUTENG (Floresku.com) - Kinerja apik dan luar biasa kembali ditunjukkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Manggarai. 

Bagaimana tidak? Pada semester I tahun 2023, realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Manggarai sudah mencapai angka 308,6 juta rupiah. 

Angka ini rupanya sudah melebihi target realisasi PAD pada tahun anggaran 2022 lalu yang berada di angka 303 juta lebih.

Kadis DLH Manggarai, Kanis Nasak kepada Floresku.com menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran pegawai DLH Manggarai yang telah bekerja maksimal sehingga mampu merealisasikan PAD melebihi target realisasi tahun lalu.

Ia mengharapkan agar para pegawai di dinasnya tetap terus mempertahankan ritme kerja sehingga bisa melampaui target realisasi tahun 2023 yang naik 150 persen dibandingkan dengan target realisasi tahun lalu.

"Sebagai pimpinan saya optimistis akan mampu kerja melampaui target. Tentu sikap optimistis muncul setelah melihat kualitas kinerja para pegawai di DLH Manggarai. Harapannya, para pegawai terus mempertahankan kualitas kinerja ini dengan baik," ujarnya.

Kadis Kanisius yang juga menjabat sebagai Ketua Federasi Kempo Indonesia NTT itu menguraikan bahwa, pencapaian realisasi yang terjadi saat ini karena penerapan pola kerja baru yang diterapkan di dinasnya selama tahun anggaran 2023 yang sedang berjalan.

Adapun pola baru yang diterapkan, yakni: dengan penerapan perubahan presensi dari yang sebelumnya masih bersifat manual ke presensi digital serta penertiban pungutan retribusi di kelurahan-kelurahan dengan menerjunkan petugas dari Dinas.

Dengan demikian, lanjut Kanisius, pungutan tidak lagi mengandalkan petugas-petugas yang ada di kelurahan melainkan diambil alih oleh petugas dari DLH Manggarai.

Selain itu, hal lain juga yang dilakukan oleh para pegawai di DLH selama ini dengan melakukan perluasan pelayanan sampah baik di Kota Ruteng, ibukota Kabupaten Manggarai sampai ke beberapa ibu kota kecamatan seperti di Reo, Cancar, dan Pagal.

Di sisi lain, lanjut Kanisius, jumlah pegawai di dinasnya tidak mengalami penambahan dan juga fasilitas berupa armada juga tidak mengalami penambahan. Namun demikian, kondisi yang ada tidak membuat pihaknya kehilangan semangat dalam menjalankan tugasnya.

"Dengan jumlah pegawai yang ada sekarang ini dan juga fasilitas yang tidak mengalami penambahan ini, kita tetap semangat dan disiplin dalam menjalankan tugas yang ada karena memang kondisi beberapa kendaraan pengangkut sampah yang sudah rusak karena berusia tua," cetus Kadis Kanisius. (Igen/Jivansi) ***

RELATED NEWS