Luar Biasa! Sembari Meraih Gelar Doktor, Pater Fritz Meko SVD Menulis Lima Buku Baru

redaksi - Senin, 20 Maret 2023 11:14
Luar Biasa! Sembari Meraih Gelar Doktor,  Pater Fritz Meko SVD Menulis Lima Buku BaruPater Fritz Meko SVD saat mempertahankan disertasinya secara tertutup, Jumat (17/3). (sumber: WA Grup Ledalero 1984)

KUPANG (Floresku.com) - Sebuah pencapaian luar biasa dan membanggakan kembali ditorehkan oleh seorang putra terbaik Nusa Tenggara Timur.  

Kali ini  prestasi luar biasa itu dicapai oleh dari Pater Goldefridus Meko SVD, seorang imam-misonaris Serikat Sabda Allah (SVD) yang akrab disapa Pater Fritz Meko SVD.

Prestasi itu menjadi istimewa karena dalam kurun waktu kurang dari tiga tahun (September 2020 - Maret 2023), ia menghasilkan  lima buku. 

Hebatnya pula, pada waktu yang bersamaan ia menempuh dan menuntaskan pendidikan jenjang doktoral.

Senin (20/3) pagi, melalui grup WhatsApp Ledalero 1984, Pater Fritz Meko berbagai rasa syukurnya  dengan menulis demikian:  "Para Konfrater terkasih, ijinkan saya untuk memperkenalkan 5 buku yang saya tulis selama berada di Kupang (September 2020 - 2023):

1. SANG MESIAS adalah Buku BIOGRAFI YESUS dari INJIL LUKAS dalam bentuk PUISI - 128 halaman.

2. Buku PERTEMUAN adalah Puisi Sufistik, saya menulis secara kolaboratif dengan seorang Sastrawati Bandung “Erna Suminar” - 205 halaman.

3. REALITAS HIDUP dan WARNANYA adalah buku Refleksi Sosiologis, Filosofis dan Spiritual - 200 halaman

4. BENGKEL NURANI adalah buku Refleksi Sosio-Spiritual. 106 halaman.

5. BERSERAH PADA TUHAN adalah Buku Doa untuk umat, komunitas dan pribadi. 251 halaman.

Buku-buku ini menjadi sumber inspirasi bagi Konfrater untuk mempersiapkan ceramah, rekoleksi, retret, konferensi, dan lain-lain.

Jika Konfrater berminat - silahkan pesan di Toko Buku POHON CAHAYA Jl. S.O. 1 Maret (Jl. Bantul) No. 55-57 
JOGYAKARTA 55142; Tlp (0247) 381063."

Mempertahankan disertasi doktoral

Jumat (17/3) pukul 20.58 Wita, lewat grup WA Ledalero 1984, Pater Fritz berbagi persayaan syukur dengan menulis sebagai berikut: “Hallo, teman-teman terkasih, dengan rendah hati dan penuh rasa syukur, saya ucapkan banyak trimakasih untuk kasih, perhatian, apresiasi dan doanya sehingga hari ini saya dapat mempertahankan Disertasi saya “PROFIL IMAM MASYARAKAT NAI MEKO DALAM KONSPIRASI POLITIK (Suatu Studi Antropologi Struktural Masyarakat Atoin Meto Kabupaten TTU - Provinsi NTT).”

Pater Frizt sedang menjalani ujian tertutup guna mempertahankan disertasinya, Jumat (17/3). (Sumer: WA Grup Ledalero 1984).

“Saya menulis tentang EXODUSNYA Masyarat Nai Meko dalam 3 gelombang dari OECUSSE - TIMOR LESTE ke DAERAH KEKUASAAN BELANDA (NUSANTARA) yaitu, Manamas, Wini, Noemuti, Benlutu, Boentuka, Bijaepasu dan Amnuban, pada abad 16-17, 18-19 dan tahun 1911-1912 sebagai akibat KONSPIRASI (Internal dan Eksternal), dilakukakan oleh PORTUGIS yang masuk 1515 di Oecusse dan TOPASSE (Portugis Hitam).”

“Puji Tuhan ujian berjalan baik, lancar dan mendapat apresiasi yang sangat baik dari 5 dewan penguji (2 ibu Profesor dari UNDANA dan Prof lain dari Kampus IAKN didampingi Promotor P. Dr. Gregor Neonbasu, SVD.”

“Saya masih ambil waktu untuk perbaikan minor, lalu siap diri untuk ujian terbuka nanti, sekitar minggu kedua April. Sekali lagi, Terimakasih dan Salam sehat selalu.”

Pater Frizt (ketiga  dari kiri) berfoto bersama   lima Dewan Penguji, yakni Prof Dr. Mientje Ratu Odjedjoe, Prof. Jublin F. Bale Therik, MS, Dr. Daud S Luji, Dr. Yonathan Leobisa dan Dr. Gregor Neobasu, SVD. (paling kanan)  usai menjalani ujian tertutup disertasinya, Jumat (17/3). (Sumer: WA Grup Ledalero 1984).

Perihal disertasi Pater Fritz,  teman kelasnya waktu di STFK Ledalero, Dr Justin Laba Wejak berkomentar sebagai berikut:

Saya melihat disertasi ini sebagai sebuah kajian antropologi sejarah dan politik dengan menggunakan pendekatan struktural  Claude Lévi-Strauss untuk menganalisis exodus masyarakat Nai Meko di era Portugis.” 

“Menurut Lévi-Strauss, dalam setiap kebudayaan selalu ada struktur-struktur yang mendalam (deep structures).” 

“Tiga pertanyaan perdana terkait struktur masyarakat Nai Meko ialah: a) Struktur-struktur apa saja?, b) apa/siapa memengaruhi produksi struktur-struktur itu?, dan c) bagaimana struktur-struktur itu memengaruhi, dan dipengaruhi oleh, exodus masyarakat Nai Meko? Struktur-struktur itu hendak diidentifikasi dan dianalisis dalam disertasi P. Fritz Meko SVD. Terimakasih, Pater Fritz, sudah berbagi ilmunya." (*).

Editor: redaksi

RELATED NEWS