Manggarai Barat, ‘Sepotong Surga’ Yang Tampak di Bumi (2)

Redaksi - Sabtu, 13 Februari 2021 01:28
Manggarai Barat, ‘Sepotong Surga’ Yang Tampak di Bumi (2)buaya di pulau rinca (sumber: 2021/02/1613053628868.png)

Loh Buaya merupakan pusat kunjungan wisatawan di Pulau Rinca. Di sini wisatawan dapat menyaksikan hutan bakau, padang savana serta satwa liar misalnya komodo, rusa timor, kerbau liar, monyet ekor panjang, kuda liar serta berbagai jenis burung.

Aktivitas yang ditawarkan kepada pengunjung di Loh Buaya antara lain pengamatan satwa liar, penjelajahan (Loh Buaya - Wae Waso, Loh Buaya - Golo Kode), photo hunting, video shooting, pengamatan kalong di Pulau Kalong (depan Kampung Rinca) dan pengamatan batu balok di kampung Rinca.

Fasilitas yang tersedia di Loh Buaya antara lain pondok wisata, cafetaria, shelter dan jalan setapak.

Di dekat Loh Buaya terdapat Pulau Kalong, aktivitas yang dapat dilakukan antara lain pengamatan koloni kelelawar dalam jumlah yang cukup besar. Pengamatan paling menarik dilakukan pada saat sore hari ketika kelelawar mulai keluar untuk mencari makan.

Dari puncak bukit yang dikenal dengan Golo Kode, pengunjung dapat menyaksikan panorama dan bentang alam yang cukup fantastik karena keterwakilan berbagai tipe ekosistem dapat disaksikan dari tempat ini.

Jika Anda ingin mengunjungi Pulau Rinca Flores Komodo, Anda pun bisa mendatangi Kampung Rinca dan Kampung Karora untuk bersosialisasi dengan masyarakat setempat.

Selain mengandalkan hasil nelayan yang didapatkan, masyarakat di Pulau Rinca ini mendapatkan penghasilan dari menjual makanan, menjadi tour guide, hingga menyewakan rumahnya untuk menjadi homestay bagi wisatawan yang datang.

Penduduk Rinca yang ramah pun membuat wisatawan yang datang ke Taman Nasional Pulau Komodo menjadi betah.

RELATED NEWS