Mari Cek Lima Fakta Seputar Mimpi

redaksi - Sabtu, 08 April 2023 09:39
Mari Cek Lima  Fakta Seputar Mimpi5 Fakta Seputar Mimpi (sumber: Istock)

JAKARTA  (Floresku,com) - Bermimpi saat sedang tidur adalah hal yang wajar terjadi. Mimpi adalah bagian dari aktivitas otak memproses segala informasi. Seseorang bisa bermimpi dalam fase apapun di tidur namun mimpi akan terasa paling nyata ketika tidur berada pada fase REM atau rapid eye movement, fase ketika otak bekerja paling aktif.

Banyak orang yang masih bertanya-tanya tentang mimpi dan apa arti mimpi mereka. Beberapa bahkan menganggap mimpi adalah tanda akan terjadinya sesuatu.

Melansir dari laman website resmi Sleep Foundation, berikut adalah fakta seputar mimpi yang perlu Anda ketahui:

1. Kita semua bermimpi setiap malam

Otak kita tetap aktif sepanjang malam meskipun kita tengah tertidur hal inilah yang menyebabkan kita bermimpi setiap malam. Namun, tak jarang setelah bangun, kita tidak ingat banyak tentang mimpi kita.


2. Kita secara khusus diatur untuk tidak mewujudkan mimpi kita

Selama tidur REM, banyak otot kita yang rileks sepenuhnya dan ini mencegah kita mewujudkan mimpi kita. Jika sistem ini tidak bekerja dengan baik, kita mungkin akan mencoba mewujudkan mimpi kita, terutama jika mimpi tersebut melibatkan emosi yang kuat.

3. Banyak alur mimpi yang aneh karena sebagian otak kita mati

Saat kita bangun, bagian depan otak kita mengontrol cara kita memahami dunia. Ini dimatikan selama bermimpi. Karena itu, otak pemimpi menyatukan ide-ide yang biasanya tidak sejalan dengan apa yang normalnya terjadi di kehidupan nyata.

4. Sebagian besar mimpi berhubungan dengan pengalaman nyata

Mimpi sering dikaitkan dengan peristiwa kehidupan nyata yang terjadi di masa lalu seseorang. Jarak peristiwa itu terjadi dengan waktu seseorang bermimpi biasanya adalah satu sampai dua hari.

5. Kita bermimpi dalam wujud visual

Sekitar dua pertiga dari mimpi berwujud visual, dengan lebih sedikit suara, gerakan, rasa atau bau. Warnapun hanya ada di mimpi sekitar sepertiga dari semua mimpi.

Hal ini karena ketika kita dalam kondisi sadar, otak kita kerap memikirkan tentang ide. Namun, ketika kita tertidur otak kita berpikir dalam wujud visual.

6. Kita bisa belajar mengendalikan mimpi kita

Banyak orang yang mengalami mimpi buruk dalam tidur mereka. Hal ini bahkan bisa terjadi berulang kali. Ternyata seseorang bisa mengubah kejadian dalam mimpi sesuai dengan yang ia mau. Misalnya mengubah mimpi buruk menjadi tidak terlalu menakutkan. Langkah yang harus Anda lakukan adalah dengan menuliskan kenangan tentang mimpi buruk Anda dan menggantinya dengan jalan cerita yang berbeda.

Hal ini berpotensi mengubah mimpi buruk Anda dalam tidur untuk kedepannya.

7. Ahli memiliki perbedaan pendapat tentang arti mimpi

Beberapa orang mengatakan mimpi kita tidak berarti apa-apa. Mereka mengatakan kita mengalaminya hanya karena bagian otak kita terstimulasi saat kita tidur.

Sedangkan yang lain mengatakan mimpi memiliki arti dan nilai. Mereka menganggap mimpi sebagai semacam terapi saat merasa sedih.

Contohnya ketika seseorang memiliki dan mengingat mimpi yang jelas tentang hal-hal yang membuat stres dalam hidup kita dapat membantu mengatasi stres. Banyak orang mengira bahwa mimpi mengandung pesan tertentu, tetapi penelitiannya masih lemah.

Nah berikut tadi adalah fakta seputar mimpi yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 07 Apr 2023 

Editor: MAR
Bagikan

RELATED NEWS