Maria Gabrielin, Remaja Keturunan Lembor, Manggarai Raih Medali Emas OSN 2023 Jenjang SMA/MA Bidang Geografi

redaksi - Senin, 04 September 2023 17:52
Maria Gabrielin, Remaja Keturunan Lembor, Manggarai Raih Medali Emas OSN 2023 Jenjang SMA/MA Bidang GeografiMaria Gabrielin (Elin) -paling kiri, Pemenang dan Peraih Medali Emas OSN 2023 Jenjang SMA/MA Bidang Geografi: (sumber: WA Grup)

JAKARTA (Floresku.com) - “Profisiat anak Maria Gabrielin, putri  Bapak Adrianus Rusmin, asal Lembor, Manggarai,  yang jadi juara nasional olimpiade Geografi. Siap ikuti olimpiade internasional.” Begitu ucapan selamat yang beredar di beberapa grup WhatsApp, Senin, 04 September 2023.

Ucapan tersebut muncul setelah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) resmi mengumumkan para pemenang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023 pada Jumat, 1 September 2023.

Sebanyak 1.475 siswa dari jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA sukses bertanding di wajang Olimpiade Sains Nasional atau OSN 2023, 27 Agustus – 1 September 2023 secara hybrid.

OSN adalah ajang kompetisi bidang sains bagi para peserta didik SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA atau yang serajat dari 38 provinsi seluruh Indonesia.

Selain itu, OSN 2023 ini juga diikuti oleh siswa dari Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

Jumlah peserta OSN jenjang SMA/MA yang hadir atau mengikuti di tingkat kabupaten/kota ada 270.004 siswa, lalu di tingkat provinsi menjadi 16.976 dan di tingkat nasional atau ikut secara luring di Kota Bogor ini ada sebanyak 900 siswa.

Bidang yang dilombakan di OSN Jenjang SMA/MA ada 9 bidang lomba, yaitu: Matematika, Fisika, Kimia, Informatika, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Lantas siapa sajakah pemenangnya? Berikut ini daftar lengkap pemenang dan peraih medali emas, perak dan perunggu di OSN 2023 Jenjang SMA/MA Bidang Geografi:

Pemenang dan Peraih Medali Emas OSN 2023 Jenjang SMA/MA Bidang Geografi:
  1. Rhesa Narayana R SMAN 2 Kota Tangerang Selatan Banten
  2. Aimee Saskia Zuleyka SMAN 3 Bekasi Jawa Barat
  3. Maria Gabrielin C SMAN 3 Bekasi Jawa Barat
  4. Auryn Pradipta K SMAN 2 Kota Tangerang Banten
  5. Kamran Rahmat SMAN 6 Kota Tangerang Selatan Banten.

Maria Gabrielin C adalah putri semata wayang Adrianus Rusmin yang adalah seorang dosen di STIM Saint Mary Jakarta, dan Akademi Perhotelan Tunas Indonesia, Jakarta.

Adrian Rusmin sendiri berasal dari Lembor, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. (Sil) ***

 

Editor: redaksi

RELATED NEWS