“Mars Perempuan PGRI” Ciptaan Sirilus Wali dari Kupang NTT Masuk Nominasi 10 Besar

redaksi - Kamis, 15 April 2021 18:09
“Mars Perempuan PGRI”  Ciptaan Sirilus Wali dari Kupang NTT Masuk Nominasi 10 Besarsirilus wali (sumber: null)

KUPANG (Floresku.com) – ‘Mars Perempuan PGRI’ ciptaan Sirilus Wali, guru musik dari SMAK Giovani Kupang, lolos ke tahap sepuluh besar Lomba Cipta Lagu Mars Perempuan PGRI yang dibawakan dalam Paduan Suara. Perlombaan tersebut diselenggarakan Departemen Seni Budaya dan Olahraga Pengurus Besar PGRI Tingkat Pusat Tahun 2021. 

Lomba cipta lagu tersebut diadakan dalam rangka HUT PGRI ke-75, dan festifal protokol kesehatan Covid-19 bersama Perempuan PGRI tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota se Indonesia. 

Berdasarkan Panduan Lomba Paduan Suara dan Menyanyi yang diterbitkan Panitia Lomba sebagaimana terncatum pada  Lampiran Surat  Nomor : 272/Org/PB/XXII/2021 Tanggal  15 Maret 2021 disebutkan bahwa lagu mars yang masuk nominasi 10 Besar  akan dilombakan secara live/virtual pada 21dan 22 April 2021 untuk mendapatkan  enam terbaik yang akan bersaing untuk menempati posisi Juara 1,2, 3 dan Juara Harapan 1,2,3.

Hasil kejuaraan diumumkan pada upacara  peringatan Hari Pendididkan Nasional (HARDIKNAS) 2 Mei 2021

Sehubungan masa pandemi yang masih mewabah maka berdasarkan Keputusan Konkernas II PGRI Tahun 2021 PORSENI PGRI NASIONAL akan di selenggarakan tahun 2022 di Provinsi Jawa Barat. Untuk itu sebagai pengisi program tahun 2021, kita akan diselenggarakan Lomba Cipta lagu Mars Perempuan PGRI yang dibawakan dalam Paduan suara dan lomba menyanyi Solo. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari lahirnya Raden Ajeng Kartini tanggal 21 April dan Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei 2021.

Menurut Panitia Lomba, perlombacaan cipta lagu mars dan menyanui itu dilaksanakan untuk beberapa tujuan antara lain mendorong, mengembangkan bakat dan kemampuan seni dalam mecipta lagu;  menyiapkan paduan suara, dan penyanyi solo terbaik di daerahnya masing masing;  menggali, memupuk kreativitas, inovasi, dan memperhalus rasa seni dan budaya; dan meningkatkan solidaritas, soliditas, semangat, kebanggaan, dan kecintaan kepada PGRI. 

Tim juri dalam perlombaan tersebut terdiri atas  5 (lima) ahli musik yang  ditentukan  Pengurus Besar PGRI.

Kriteria lomba terdiri ata beberapa aspek yaitu aspek materi suara meliputi kualitas, keindahan, karakter vocal; aspek teknik meliputi intonasi,diksi,artikulasi,keseimbangan suara dengan musik pengiring; aspek pembawaan meliputi  ekspresi dan interpretasi, tempo dan dinamika; aspek penampilan meliputi penguasaan panggung, sikap propesional dan artistic keindahan serta keserasian dalam bunyi, gerak dan visualnya; aspek esesuaian isi syair lagu dengan tema; aspek kejelasan dan kesesuaian struktur/bentuk lagu; aspek keindahan alur nada/melodi dan kesesuaiannya dengan syair lagu; dan aspek keserasian dan nilai estetis kata dalam syair. (EKL)

Redaksi floresku.com sertakan link Lagu Mars Perempuan PGRI ciptaan Sirilus Wali https://www.youtube.com/watch?v=JRmzZlnmf2I

 

RELATED NEWS