Marselino Ferdinand, Remaja Bertalenta yang Rendah Hati, Siapakah Orang Tuanya?

redaksi - Minggu, 10 Oktober 2021 13:00
Marselino Ferdinand, Remaja Bertalenta yang Rendah Hati, Siapakah Orang Tuanya?Marselino berdoa, bersyukur setelah menceak gol dalam sebuah pertandingan. (sumber: Istimewa)

JAKARTA (Floresku.com) - Sosok Marselino Ferdinan, gelandang muda Persebaya Surabaya menjadi perbincangan hangat baru-baru ini.Tapi siapa sosok Marselino Ferdinan sebenarnya?

Marselino Ferdinan lahir, pada 9 September 2004. Di banyak media, dia disebut lahir dan besar di Jakarta. Namun, di akun facebooknya, tertulis, Marslino Ferdinan berasal dari Surabaya, pernah belajar di  SMP Negeri 4 Surabaya dan kemudian di SMA Negeri 5 Surabaya.

Marselino Ferdinan adalah adik kandung dari winger Oktafianus ’’Ofan’’ Fernando, gelandang Persebaya, Oktafianus Fernando. Mereka empat bersaudara dalam keluarga.  

Namun, nama ayah dan ibunya, masih ‘tersembunyi’. Belum ada satu media pun yang menyinggung  siapa sebenarnya orang tua dari kedua pesepak bola berbakat ini.

Media online Enbeindonesia.com memang menyebutkan bahwa Marselino adalah keturunan orang Ngada. Namun tidak secara spesifik dari mana asal kampung orang tua Marselino. 

Media ini berusaha berselancar di berbagai jejaring media online dan media sosial, tapi belum berhasil menemukan cerita seputar jati diri ‘orangtua’ hebat tersebut.

Remaja yang rendah hati

Marselino Ferdinan adalah sosok remaja yang sangat bertalenta. Meski memiliki segudang prestasi dan sudah mencetak banyak gol di berbagai pertandingan Marselino tetaplah sosok remaja yang rendah hati. 

Hal itu tercermin setiap dirinya mencetak gol selalu melakukan selebrasi berupa mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Marselino juga tak ingin jemawa dengan gol-gol yang dicetaknya. Menurut Marsel, gol itu terjadi karena kerja sama seluruh tim.

"Senang sekali bisa memberikan gol untuk tim. Akan tetapi, gol-gol tersebut hasil dari kerja keras semuanya, teman-teman pemain, pelatih dan ofisial," ucap Marsel. 

Mengapa Marselino bisa memiliki karakter baik demikian? 

“Orang tua saya, kakak saya, selalu ingatkan saya untuk enggak boleh sombong. Keberhasilan saya bikin gol itu bukan karena usaha saya sendiri. Ada umpan dari teman yang bagus, ada masukkan dari pelatih, ada teman yang menghalangi lawan merebut bola, itu semua kerjasama tim. Gol itu keberuntungan saya aja, kalau enggak ada teman, itu enggak mungkin terjadi," kata Marselino yang mulai bermain bola sejak usia TK,” tutur Marselino kepada media suatu ketika.

Awal Karir

Nama Marselino Ferdinan sejatinya sempat melesat ketika dia berseragam timnas Indonesia U-15 untuk Piala AFF di Thailand pada 2019. Dia mampu menceploskan 5 gol dari 5 kesempatan tampil di bawah besutan Bima Sakti saat itu. Kemudian di Persebaya, dia mencatatkan namanya sebagai pemain termuda di skuad utama yang dipercaya pelatih Aji Santoso tampil untuk Liga 1 2021-2022.

Kemudian Marselino Ferdinan mencoba merintis karier sepak bola di Persebaya Junior. Dia pun bergabung dalam skuad Persebay U-16 pada 2020.

Masuknya Marselino Ferdinan membuat Persebaya Surabaya identik dengan klub ’’keluarga’’.  Pemain muda ini sudah melakoni dua laga bersama Persebaya di turnamen pramusim Piala Menpora 2021.

Berkat performanya yang gemilang di lapangan hijau, Marselino  Ferdinan berhasil dipromosikan ke tim senior Persebaya. Di Persebaya sendiri Marselino Ferdinan sudah melakoni dua laga di turnamen Piala Menpora 2021

Marselino Ferdinan merupakan bagian dari Tim Nasional Indonesia U-16. Marselino Ferdinan sudah menunjukkan permainannya bersama timnas Indonesia U-16 di kualifikasi Piala Asia U-16 2020.

Penampilan cemerlang Marselino ditunjukkan dengan bukti ia sempat berhasil memimpin daftar top scorer sementara Kualaifikasi Piala Asia U-16 2020.

Debut Bersama Persebaya di BRI Liga 1 2021

Marselino Ferdinan mencatatkan debut di ajang profesional bersama Persebaya Surabaya, tepatnya pada Liga 1 2021/2022.

Pemain 17 tahun itu bermain untuk pertama kalinya bersama Persebaya saat Bajul Ijo mengalahkan Tira Persikabo dengan skor 3-1 pada 12 September 2021 lalu.

Saat itu, Marselino Ferdinan masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-66 menggantikan Bruno Moreira.

Dia pun menjadi pemain termuda yang mencatatkan debut di tim utama Persebaya dalam kompetisi resmi. Disejajarkan dengan Pemain Lazio dan Borussia Dortmund.

Marselino Ferdinan masuk dalam daftar Pemain Muda Terbaik Dunia 2021 versi The Guardian.

Majalah asal tanah Britania itu melirik Marselino Ferdinan saat tampil bersama Persebaya Surabaya di BRI Liga 1 2021 lalu.

Meski namanya dibikin menjulang tinggi oleh  The Guardian, kita berharap, Marselino Ferdinan tetap rendah hati dan terus tekun berlatih sehingga kelak benar-benar menjadi pemain hebat, menduia dan yang membanggakan bangsa Indonesia. (MLA) ***

Baca juga: Marselino Ferdinan, Bikin Bangga Orang Ngada dan Warga NTT Seluruhnya

 

Editor: Redaksi

RELATED NEWS