Menantikan Pemimpin

redaksi - Senin, 08 Januari 2024 16:27
Menantikan PemimpinPater Ferry Plato, SVD (sumber: Dokpri)

Oleh: Pater Ferry Plato, SVD - Brasil

ADA sekelompok katak-katak yang merasa membutuhkan pemimpin yang dapat memerintah mereka dan membuat hidup mereka lebih bahagia. 

Maka mereka berdoa kepada dewa agar mereka diberi seorang raja. Tidak lama kemudian mereka mendengar bunyi ceburan besar di tengah kolam.

 Pada saat mereka keluar untuk melihat apa yang terjadi, mereka menemukan sebuah batang kayu besar, dan katak-katak yang bodoh itu berpikir bahwa dewa telah mengirim pemimpin bagi mereka! 

Jadi mereka mulai menari, melompat dan berteriak di atas batang kayu itu. "Horeee, raja kita telah datang!" 

Sekelompok katak (Sumber: Pickbest.com).

Sesudah lewat beberapa hari, katak-katak itu menjadi bosan karena mereka membutuhkan pemimpin yang aktif dan lebih berwibawa daripada sebuah batang kayu yang tak berguna dan hanya terapung-apung di kolam!

Mereka berdoa lagi kepada dewa sambil meminta pemimpin yang lebih kuat dan mantap. Sesudah beberapa waktu mereka mendengar lagi bunyi ceburan. 

Kali ini mereka begitu senang pada saat melihat seekor bangau yang besar berkeliling di kolam sambil berteriak-teriak menarik perhatian mereka semua! 

"Yesss! Inilah pemimpin yang kita dambakan!" Tapi ternyata burung bangau itu suka makan katak, jadi ia menelan mereka satu demi satu! 

Dalam beberapa hari saja tidak ada lagi katak yang tertinggal.

Ada dua macam pemimpin. Satu, yang seperti batang kayu yang tak berguna dan membiarkan bawahan-bawahannya atau orang lain yang memerintah dan menguasa secara tak terkendali. 

Dua, yang seperti bangau besar yang hanya memanfaatkan dan bahkan "memakan" bawahan-bawahannya! 

***

Kita menantikan pemimpin yang takut akan Allah, yang cinta sesama dan memiliki keseimbangan dalam pemerintahan dan kepemimpinan. 

Maka saat mencoblos nanti, jangan hanya ingat moncong putih... carilah pemimpin yang hatinya putih dan hidupnya bersih serta yang suka berkerja untuk bumi nusantara dan yang berjuang membela anak-anak bangsa .

 Dan jangan lupa berdoa di dalam hatimu, "Ya Allah yang Mahaesa, berilah kami pemimpin-pemimpin yang sesuai dengan Hati-Mu, dan bebaskanlah kami dari batang kayu dan bangau besar. Amin."
Tuhan Tritunggal  mahakudus memberkati . 

#padrerafaelsvd; #ferynplatosvd; @LiFEisALL. ***

RELATED NEWS