Mengenal Sejarah, Budaya dan Keindahan Alam Mongolia

redaksi - Rabu, 30 Agustus 2023 08:57
Mengenal Sejarah, Budaya dan Keindahan Alam Mongolia Sabana penuh hewan ternak di Mongolia (sumber: www.discovermongolia.mn)

JAKARTA (Floresku.com) - Besok, Kamis, 31 Agustus 2023  Paus Fransiskus memulai Perjalanan Apostoliknya yang ke-43 ke Mongolia. Paus akan berada di negara hanya 1.500 umat Katolik itu  hingga 4 September.

Kami menawarkan gambaran umum tentang keindahan dan sejarah budaya Mongolia yang panjang dan dinamis, yang belakangan ini terus mendapatkan perhatian dunia.

Patung Chinggis (Jenghis) Khaan terletak di Ulaanbaatar, Mongolia.

Menurut Kantor Statistik Nasional, 529 ribu wisatawan asing mengunjungi Mongolia pada tahun 2018. Dibandingkan tahun lalu, jumlah tersebut meningkat sebesar 9,7%.

Dari mereka yang mengunjungi Mongolia, 85% berkunjung ke sana untuk tujuan wisata. Pada tahun 2018, Mongolia menerima total 529 ribu wisatawan; tahun sebelumnya pada tahun 2017, Mongolia mencatat 469 ribu.

Angka-angka ini menunjukkan pertumbuhan pariwisata sebesar 11% antara tahun 2017 dan 2018. Menurut laporan, wisatawan berkebangsaan utama yang mengunjungi Mongolia adalah Tiongkok, Rusia, Korea Selatan, dan Amerika.

Festival budaya, Mongolia

Dalam survei terhadap 3500 wisatawan, 60,7% mengungkapkan bahwa alam adalah alasan mereka mengunjungi Mongolia sementara 42,4% berada di sana untuk menyaksikan gaya hidup nomaden.

Petualangan seperti menunggang kuda dan trekking mencapai 12,1% sementara 11,3% wisatawan yang disurvei mengatakan mereka tertarik dengan kekayaan sejarah Mongolia, khususnya Genghis Khan.

Mengapa Mongolia Harus Menjadi Tujuan Perjalanan Banyak Wisatawan?

Pariwisata di Mongolia sedang meningkat dan tentu saja, dengan alasan yang bagus. Sejarah budaya Mongolia yang panjang dan dinamis terus mendapatkan perhatian dunia.

Setiap tahunnya, semakin banyak orang yang menjadikan Mongolia sebagai tujuan wisata mereka.

Tahukah Anda bahwa telur dinosaurus pertama yang dikonfirmasi dan penemuan jejak kaki dinosaurus terbesar di dunia berada di Gurun Gobi, Mongolia?

Taman Nasional Great Gobi membentang hampir 27.000 kilometer persegi, menjadikannya taman nasional paling menonjol di Mongolia.

Kunjungan akan membawa Anda ke alam, sejarah, dan budaya Mongolia. Di sinilah Anda akan menemukan Yolyn Am, Dungeneegyn Am, dan Bukit Pasir Khongor.

Seorang pemburu Mongolia siap berburu dengan Elang Kazakh

Dan jika Anda adalah tipe wisatawan yang mencari petualangan kuliner yang berani, Mongolia adalah tempat di mana Anda akan menemukan jus bola mata domba, susu kuda yang difermentasi atau Airag, dan mentega yang dibiarkan membusuk di dalam perut yak.

Namun selain makanan Mongolia yang menarik dan aneh, Mongolia juga terkenal dengan masakannya yang beraroma. 

Jangan lewatkan barbekyu Mongolia atau Khorkhog atau hidangan tradisional seperti Khuushuur dan Guriltai Shul.

Mongolia juga terkenal di dunia berkat pemandangannya yang spektakuler, keragaman budaya nasional yang dinamis, masyarakat nomaden yang langka, dan festival tahunan.

Waktu Terbaik untuk Bepergian ke Mongolia

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari kunjungan Anda ke Mongolia, rencanakan perjalanan Anda saat cuaca dan iklim tepat.

Mongolia memiliki empat musim yang indah, dan gagasan Anda tentang perjalanan yang sempurna bergantung pada musim favorit Anda atau apakah Anda menantikan festival atau acara tertentu di Mongolia.

Musim semi di Mongolia berlangsung dari bulan Maret hingga pertengahan Mei. Cuacanya tidak dapat diprediksi, dan dinginnya musim dingin dapat berlanjut hingga pertengahan April.

Namun, ini adalah waktu yang tepat untuk menyambut hewan baru yang baru lahir dari pengembara Mongolia atau mengagumi berbagai spesies burung.

Dan jika Anda seorang pecinta alam, bunga liar pertama mulai terlihat di pedesaan, tumbuh di salju. Bulan Maret juga merupakan saat penduduk kawasan Danau Khovsgol merayakan Festival Es dan Festival Seribu Unta berlangsung.

Untuk hari-hari musim panas yang menyenangkan, kunjungi Mongolia antara pertengahan Mei dan akhir Agustus.

Berkat Naadam Games, Juli menjadi bulan puncak wisatawan. Meskipun musim panas terik, persiapkan jas hujan dan payung Anda karena hujan singkat biasa terjadi selama musim panas. Namun, ini masih waktu yang ideal untuk mengunjungi taman dan kuil.

Selama bulan September dan Oktober - nikmati musim gugur Mongolia. Jumlah pengunjung lebih sedikit selama bulan-bulan Musim Gugur, sehingga ideal jika Anda ingin menjelajahi Gurun Gobi dengan damai.

Akhir pekan pertama bulan Oktober juga merupakan saat Anda dapat menyaksikan Festival Elang Emas tahunan.

Dan jika Anda menyukai cuaca yang lebih dingin dan beku, musim dingin di Mongolia dimulai pada bulan November dan berlangsung hingga Februari.

Pada bulan Januari, suhu bisa turun hingga -40°C. Menghabiskan musim dingin di Mongolia berarti berkesempatan mengunjungi Taman Nasional Gorkhi-Terelj yang sangat ajaib dan indah selama musim dingin.***

RELATED NEWS