Mengidap Hipotiroid Kongenita, Bernadetia Karisman Butuh Uluran Tangan Kaum Dermawan

redaksi - Jumat, 22 Oktober 2021 21:29
Mengidap Hipotiroid Kongenita, Bernadetia Karisman Butuh Uluran Tangan Kaum DermawanBernadetia Karisman, penderita hipotiroid, butuh uluran tangan. (sumber: FH)

BORONG (Floresku.com)- Bernadetia Karisman berusia 8 tahun asal Tangkul Desa Rende Nao, Kecamatan Lamba Leda Timur, Manggarai Timur, NTT, mengidap penyakit Hipotiroid kongenital dan saat ini sedang membutuhkan bantuan.

Gadis Kecil berusia 8 tahun ini merupakan putri ketiga dari pasangan suami-istri: Fransiskus Hasman dan Feniana Saiman. Karisman diketahui menderita Hipotiroid sejak lahir, tepatnya pada tahun 2013 silam.

Fransismus Hasman mengatakan, Bernadetia menderita Hipotiroid sejak lahir. Kedua orang tuanya menyadari gejala sakit sejak Bernadetia  berumur 2 tahun.

Baca juga:Gubernur NTT, Viktor B. Laiskodat Raih IPK 3,92 dalam Sidang Terbuka Promosi Doktor

Lanjut Frans, pernah dibawa ke dokter saat umur 2 tahun,  tetapi tidak mendapatkan perawatan lebih lanjut karena keterbatasan biaya.

Menurutnya biaya pengobatan Bernadetia dinilai sangat sangat mahal, pasalnya untuk kebutuhan sehari-hari saja sudah pas-pasan karena Ia bersama istrinya bekerja sebagai petani.

"Kami dapat bantuan pemerintah, yaitu bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), tetapi bantuan untuk anak kami belum ada," jelas Frans.

Bapak Fransiskus dan ibu Feniana berharap agar anaknya Bernadetia bisa mendapatkan bantuan kursi roda. Kmeudian bisa mendapatkan perawatan yang layak hingga sembuh dan kelak bisa berjalan seperti anak seumurannya.

Baca juga:Sekilas Memori tentang Kunjungan Sri Paus Johanes Paulus II ke Indonesia, Oktober 1989

Sementara itu dr. Geby yang berkerja di Puskesmas Colol mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan, pada Kamis (21/10/2021), Bernadetia mengidap penyakit hipotiroid sejak lahir.

"Perjalanan penyakitnya dia memang kurang dan tidak ada hormon tiroid sejak lahir, sehingga perkembangan dan pertumbuhan semua terhambat," jelas Geby.

Kemudian Ia menjelaskan, hipotiroid adalah keadaan menurun atau tidak berfungsinya kelenjar tiroid. (FH)

Editor: Redaksi

RELATED NEWS