Menkominfo Resmikan 16 BTS di NTT, Salah Satu di Antaranya di Kampung Malasera, Desa Nata Ute, Nagekeo

redaksi - Senin, 20 Desember 2021 19:14
Menkominfo Resmikan 16 BTS di NTT, Salah Satu  di Antaranya di Kampung Malasera, Desa Nata Ute, NagekeoBupati Nagekeo didamingi Camat Naganroro memasuki Kampung Malasera. (sumber: Istimewa)

MALASERA (Floresku.com) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate  secara virtual meresmikan sebanyak 16 titik Base Transsceiver Station (BTS) yang tersebar di 15 kabupaten di Pronvinsi Nusa Tenggara Timur, Senin, 20 Desember 2021.

Ke-16 BTS yang  dibangun oleh BAKTI Kominfo itu merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menyediakan jaringan infrastruktur digital 4G di seluruh desa di Indonesia. 

Salah satu titik BTS yang diresmikan tersebut beradaa di Kampung Malasera, Desa Nata Ute, Kecamatan Nangaroro, Kabupaten Nagekeo.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menghadiri Puncak Peringatan HUT ke-63 Provinsi NTT dan Peresmian Pemanfaatan 16 BTS BAKTI Kementerian Kominfo di NTT secara virtual dari Jakarta, Senin , 20 Desember 2021 (Sumber:  Biro Humas Kemnterian Kominfo)

Hadir secara langsung dalam acara peresmian BTS di Kampung Malasera, Bupati Nagekeo, Yohanes Don Bosco Do bersama sejumlah pejabat Pemda Nagekeo,  Camat Nangaroro Gaspar Taka dan sejumlah undangan. Upacara peresmian dilaksanan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Menkominfo menyatakan kegembiraannya atas peressmian 16 BTS di NTT, yang dilakukan menjelang HUT Provinsi NTT yang ke 63 pada 20 Desember 2021, hari ini.

“Saya turut bergembira karena hari ini telah bergabung secara virtual bersama kita masyarakat di 16 desa pada 15 kabupaten se-Provinsi Nusa Tenggara Timur, yang mulai hari ini menggunakan layanan BTS sinyal 4G karya BAKTI Kominfo. Selamat menikmati layanan internet dan pergunakan sebaik mungkin demi meningkatkan kesejahteraan bersama,” ujar Menkominfo Johnny.

Warga Desa Nata Ute menyambut kedatangan Bupai Nagekeo, Yohanes Don Bosco Do 

Menteri Johnny menegaskan pengembangan insfratruktur konektivitas menjadi komitmen Pemerintah untuk mendukung pertumbuhan di berbagai bidang, tertutama bidang ekonomi. 

Menteri Johnny  juga menyatakan Provinsi NTT merupakan rumah perpaduan seimbang antara alam, budaya dan kreativitas masyarakat. Selain itu, gugusan pulau indah dan keanekaragaman flora dan fauna juga menjadi berkat pemberian Tuhan yang tidak ternilai. Semua itu, menurut Menkominfo menjadikan sumber kegigihan, ekspresi kekayaan intelektual, dan pemantik imajinasi artistik masyarakat NTT.

“Hingga kini, melalui kekuatan sektor pariwisata, peternakan dan pertanian, Nusa Tenggara Timur memberikan kontribusi konkret bagi gerak pertumbuhan nasional, khususnya di era pandemi Covid-19 ini di sisi yang satu. Di sisi yang lain, harapan panjang kesejahteraan NTT, masyarakat lokal kita masih menjadi tantangan dan kerja bersama kita sekalian di bawah leadership Gubernur Nusa Tenggara Timur Bapak Viktor Bungtilu Laiskodat, kiranya kita senantiasa diberkati dan sukses menggapai cita-cita tersebut,” jelasnya.

Menteri Johnny mengungkapkan rencana pembangunan Pusat Data Nasional dan fasilitas pengembangan Smart City di Kawasan Pariwisata Prioritas Nasional (KPPN) di Labuan Bajo akan menjadi wujud nyata hilirisasi pengembangan digital di Provinsi NTT.  Oleh karena itu, Menkominfo  mengajak pemerintah daerah dan masyarakat menjadikan NTT salah satu kawasan inovasi digital yang diharapkan akan bersemai dan menunjukkan manfaat secara lokal dan nasional.

“Selamat hari ulang tahun ke-63, dirgahayu Provinsi Nusa Tenggara Timur, terus tunjukkan kerja keras, kerja cerdas mewujudkan Nusa Tenggara Timur tangguh, Nusa Tenggara Timur tumbuh menuju Nusa Tenggara Timur bangkit dan sejahtera. Jaga ruang digital yang positif dan produktif, perkuat kolaborasi dan sinergi bersama sama bergerak menuju Indonesia terkoneksi, makin digital, makin maju,” tandasnya.

Ada pun peresmian 16 BTS 4G yang diresmikan oleh Menteri Kominfo adalah sebagai berikut:

  1. Desa Nata Ute di Kabupaten Nagekeo,
  2. Desa Ondorea Kabupaten Ende,
  3. Desa Watu Waja Kabupaten Manggarai Barat,
  4. Desa Toe Kabupaten Manggarai,
  5. Desa Satar Lenda Kabupaten Manggarai,
  6. Desa Nuba Nuba Atalojo Kabupaten Lembata,
  7. Desa Taman Mataru Kabupaten Alor,
  8. Desa Kahale Kabupaten Sumba Barat,
  9. Desa Kahale Kabupaten sumba Barat Daya,
  10. Desa Lenang Selatan Kabupaten Sumba Tengah
  11. Desa Ngaru kanoru Kabupaten Sumba Timur,
  12. Desa Faifua Kabupaten Rote Ndao
  13. Desa Kolorae Kabupaten Sabu Raijua,
  14. Desa Letkole Kabupaten Kupang,
  15. Desa Pantai Liman Utiuh Kabupaten Kupang,
  16. Desa Nuapin Kabupaten Timor Tengah Selatan. *** (Mar)

 

Editor: redaksi

RELATED NEWS