Menparekraf Dorong Desa-Desa di Indonesia untuk Ikut Ajang 'Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021'

redaksi - Rabu, 12 Mei 2021 12:42
Menparekraf Dorong Desa-Desa di Indonesia untuk Ikut Ajang 'Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021'Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (Twitter Pariwisata & Ekonomi Kreatif@kemenparekraf) (sumber: null)

JAKARTA (Floresku.com) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno terus mengajak dan mendorong desa-desa di Indonesia untuk mengikuti ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021  supaya menjadi desa wisata kelas dunia dan  daya sainng dan bertumbuh secara bekelanjutan serta mampu mendorong pembangunan daerah.

"Desa wisata ini mulai dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, dan sudah mulai terbukti menjadi penggerak ekonomi desa. Desa wisata juga terbukti dapat berkontribusi  positifbagi pertumbuhan pariwisata dan ekonomi masyarakat. Tentunya masih banyak potensi-potensi wisata di Indonesia, yang perlu kita dorong  untuk menjadi desa wisata. Oleh karena itu mari ikuti ajang Aungerah Desa Wisata Indonesia 2021, untuk mewujudkan desa wisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan serta mampu mendorong pembangunan daerah dan meningkatkan kesejateraaan rakyat Indnesia," ujar Menteri Sandiaga Uno melalu akun twitter Pariwisata & Ekonomi Kreatif @Kemenparekraf, yang di posting Senin (10/5).

Menurut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang ingin tergabung ke dalam jaringan desa wisata resmi di Indonesia, dapat mendaftarkan diri melalui situs resmi Jaringan Desa Wisata, www.jadesta.com mulai 7 Mei hingga 26 Juni 2021.

Anugerah Desa Wisata  meliputi 7 (tujuh) kategori perlombaan (contest) yaitu: Kontes Homestay; Kontes Toilet; Kontes CHSE; Kontes Desa Digital; Kontes Souvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya); Kontes Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan); dan Kontes Konten Kreatif. 

Penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 didasarkan atas empat pilar pengembangan pariwisata berkelanjutan, yaitu pilar tata kelola, ekonomi lokal, budaya, dan pelestarian lingkungan. Pemenangnya akan diumumkan pada 7 Desember 2021.

Anugerah ini diharapkan dapat memiliki daya ungkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi potensi desa – desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, menambah desa yang termasuk dalam kualifikasi desa wisata. Menginspirasi kualifikasi baru standart internasional sebuah desa wisata.
Anugerah Desa Wisata 2021 bertujuan menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi wisata berkelas dunia dan berdaya saing.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 bertema 'Indonesia Bangkit' ini merupakan penganugerahan desa wisata terbesar di Indonesia. Kemenparekraf menargetkan terbentuknya lebih dari 500 desa wisata dari 75.000 desa di seluruh Indonesia.

''Tema ini diharapkan dapat mendorong semua pelaku wisata dan industri kreatif untuk dapat menjadikan desa wisata mampu berkembang dalam menopang perekonomian bangsa Indonesia menjadi kuat, dan bangkit kembali dari dampak Covid-19 yang dirasakan secara dampak ekonominya, maupun dampak sosial, dan kesejahteraan masyarakat desa,'' ujar Sandiaga.

Upaya pengembangan desa wisata menitik beratkan pada pengembangan pariwisata berkelanjutan yang berfokus kepada tiga aspek, yakni berkelanjutan, sosial lingkungan, dan ekonomi Anugerah Desa Wisata 2021 diperuntukkan bagi semua masyarakat desa dan pelaku ekonomi kreatif yang mengembangkan desa wisata di seluruh tanah air.

Seluruh desa wisata yang terdaftar dalam Anugerah Desa Wisata 2021 nantinya akan masuk ke dalam Jaringan Desa Wisata Indonesia atau Jadesta. Desa-desa tersebut juga akan dipromosikan kepada wisatawan domestik maupun mancanegara.  (MAP)

RELATED NEWS