Menyelam di Sekitaran Pulau Kelor TN Komodo, Turis Asal Belgia Nyaris Mati karena Sesak Napas

redaksi - Senin, 20 November 2023 07:25
Menyelam di Sekitaran Pulau Kelor TN Komodo, Turis  Asal Belgia Nyaris Mati karena Sesak Napas Ilustrasi: Seorang turis menyelam di laut TN Komodo (sumber: Istimewa)

LABUAN BAJO (Floresku.com) - Seorang turis asing asal Belgia mengalami sesak napas setelah melakukan penyelaman di lokasi wisata pantai Pulau Kelor Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Untungnya kejadian pada Sabtu, 18 November 2023 itu bisa ditangani dengan cepat.

Tim SAR gabungan melakukan evakuasi terhadap turis asing Bernama Johan Leo (44), itu. 

Sebagaimana dilansir Antara dan Liputan6  Kepala Kantor Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan dalam keterangannya  di Kupang, Sabtu, 18 November 2023 mengatakan peristiwa yang dialami Johan Leo terjadi setelah pria itu melakukan penyelaman di Pantai Pulau Kelor bersama rombongan wisatawan lainnya.

"Kejadian bermula saat pukul 08.00 Wita korban bersama rombongan wisatawan melakukan penyelaman di sekitaran Pulau Kelor Labuan Bajo.

Setelah menyelam korban mengalami sesak napas dan membutuhkan bantuan evakuasi medis," terang Supriyanto Ridwan.

Ia mengatakan setelah menerima permintaan evakuasi sehingga tim SAR yang berada di Pos SAR Labuan Bajo bersama potensi SAR di Kabupaten Manggarai Barat langsung bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan upaya evakuasi terhadap korban. 

"Tim SAR Gabungan langsung menuju lokasi setelah menerima informasi dengan membawa emergency kit serta tandu, " jelas Supriyanto Ridwan.

Dia menambahkan pada saat tim SAR melintasi Pulau Papagarang tim SAR bertemu dengan kapal wisata open deck Birotris yang membawa korban dengan kondisi korban saat itu sudah mulai membaik. (Sumber:Antara/Liputan6). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS