Menyimak Revolusi Digital: 'Aplikasi Kecerdasan Buatan' (3)

redaksi - Kamis, 15 Juli 2021 13:37
Menyimak Revolusi Digital: 'Aplikasi Kecerdasan Buatan' (3)Aplikasi AI di bidang pertanian (sumber: edureka.co)

ADA banyak aplikasi sistem  kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) di dunia nyata saat ini. Di bawah ini adalah beberapa contoh aplikasi AI yang paling popler di masyarakat.

Pengenalan ucapan: Ini juga dikenal sebagai pengenalan ucapan otomatis (ASR), pengenalan suara komputer, atau ucapan-ke-teks, dan itu adalah kemampuan yang menggunakan pemrosesan bahasa alami (NLP) untuk memproses ucapan manusia ke dalam format tertulis. Banyak perangkat seluler memasukkan pengenalan suara ke dalam sistem mereka untuk melakukan penelusuran suara dan mengubahnya ke dalam bentuk tulisan atau SMS.

Aplikasi AP dalam Media Sosial (Sumber: Eureka.com)

Aplikasi Kecerdasan Buatan: Media Sosial: Sejak media sosial menjadi identitas kami, kami telah menghasilkan sejumlah besar data melalui obrolan, tweet, posting, dan sebagainya. Dan di mana pun ada banyak data, AI dan Machine Learning selalu hadir.

Di platform media sosial seperti Facebook, AI digunakan untuk verifikasi wajah di mana pembelajaran mesin dan konsep pembelajaran mendalam digunakan untuk mendeteksi fitur wajah dan menandai teman Anda. Deep Learning digunakan untuk mengekstrak setiap detail menit dari sebuah gambar dengan menggunakan sekelompok jaringan saraf yang dalam. Di sisi lain, algoritme pembelajaran mesin digunakan untuk merancang umpan Anda berdasarkan minat Anda.

Layanan pelanggan: Chatbot online menggantikan agen manusia di sepanjang perjalanan pelanggan. Mereka menjawab pertanyaan umum (FAQ) seputar topik, seperti pengiriman, atau memberikan saran yang dipersonalisasi, produk cross-selling atau ukuran yang disarankan untuk pengguna, mengubah cara kami berpikir tentang keterlibatan pelanggan di seluruh situs web dan platform media sosial. Contohnya termasuk bot perpesanan di situs e-niaga dengan agen virtual, aplikasi perpesanan, seperti Slack dan Facebook Messenger, dan tugas yang biasanya dilakukan oleh asisten virtual dan asisten suara.

Aplikasi AI pada robot angkasa luar (Mars) (Sumber:eureka.com)

Visi komputer: Teknologi AI ini memungkinkan komputer dan sistem untuk memperoleh informasi yang berarti dari gambar digital, video, dan input visual lainnya, dan berdasarkan input tersebut, ia dapat mengambil tindakan. 

Kemampuan untuk memberikan rekomendasi ini membedakannya dari tugas pengenalan gambar. Didukung oleh jaringan saraf convolutional, visi komputer memiliki aplikasi dalam penandaan foto di media sosial, pencitraan radiologi dalam perawatan kesehatan, dan mobil self-driving dalam industri otomotif.

Mesin rekomendasi: Menggunakan data perilaku konsumsi masa lalu, algoritme AI dapat membantu menemukan tren data yang dapat digunakan untuk mengembangkan strategi penjualan silang yang lebih efektif. Ini digunakan untuk membuat rekomendasi tambahan yang relevan kepada pelanggan selama proses checkout untuk pengecer online.

Aplikasi AI pada perdagangan saham (Sumber:eureka.com)

Perdagangan saham otomatis: Dirancang untuk mengoptimalkan portofolio saham, platform perdagangan frekuensi tinggi yang digerakkan oleh AI membuat ribuan atau bahkan jutaan perdagangan per hari tanpa campur tangan manusia.

Aplikasi Kecerdasan Buatan: Pertanian: Inilah fakta yang mengkhawatirkan, dunia perlu menghasilkan 50 persen lebih banyak makanan pada tahun 2050 karena kita benar-benar memakan segalanya! Satu-satunya cara ini bisa terjadi adalah jika kita menggunakan sumber daya kita dengan lebih hati-hati. Dengan demikian, AI dapat membantu petani mendapatkan lebih banyak dari lahan sambil menggunakan sumber daya secara lebih berkelanjutan.

Isu-isu seperti perubahan iklim, pertumbuhan penduduk, dan masalah keamanan pangan telah mendorong industri untuk mencari pendekatan yang lebih inovatif untuk meningkatkan hasil panen.

Organisasi menggunakan otomatisasi dan robotika untuk membantu petani menemukan cara yang lebih efisien untuk melindungi tanaman mereka dari gulma.

Aplikasi AI dalam dunia kedokteran (sumber:eureka.com)

Aplikasi Kecerdasan Buatan: Perawatan Kesehatan: Dalam hal menyelamatkan hidup kita, banyak organisasi dan pusat perawatan medis mengandalkan AI. Ada banyak contoh bagaimana AI dalam perawatan kesehatan telah membantu pasien di seluruh dunia.

Sebuah organisasi bernama Cambio Health Care mengembangkan sistem pendukung keputusan klinis untuk pencegahan stroke yang dapat memberikan peringatan kepada dokter ketika ada pasien yang berisiko terkena stroke jantung.
Contoh lain adalah Coala life yang merupakan perusahaan yang memiliki perangkat digital yang dapat menemukan penyakit jantung.

Demikian pula, Aifloo sedang mengembangkan sistem untuk melacak bagaimana keadaan orang-orang di panti jompo, perawatan di rumah, dll. Hal terbaik tentang AI dalam perawatan kesehatan adalah Anda bahkan tidak perlu mengembangkan obat baru. Hanya dengan menggunakan obat yang ada dengan cara yang benar, Anda juga bisa menyelamatkan nyawa.

Aplikasi AI pada Game atau Esport (sumber:erureka.com)

Aplikasi Kecerdasan Buatan: Game: Selama beberapa tahun terakhir, Artificial Intelligence telah menjadi bagian integral dari industri game. Faktanya, salah satu pencapaian terbesar AI ada di industri game.

Software AlphaGo berbasis AI DeepMind, yang terkenal karena mengalahkan Lee Sedol, juara dunia dalam game GO, adalah salah satu pencapaian paling signifikan di bidang AI.

Tak lama setelah kemenangan, DeepMind menciptakan versi lanjutan dari AlphaGo yang disebut AlphaGo Zero yang mengalahkan pendahulunya dalam AI-AI face off. Berbeda dengan AlphaGo asli, yang DeepMind latih dari waktu ke waktu dengan menggunakan sejumlah besar data dan pengawasan, sistem canggih, AlphaGo Zero belajar sendiri untuk menguasai permainan.

Contoh lain dari Kecerdasan Buatan dalam game termasuk First Encounter Assault Recon, yang dikenal sebagai F.E.A.R, yang merupakan video game first-person shooter.

Kecerdasan buatan dan IBM Cloud

IBM telah menjadi pemimpin dalam memajukan teknologi berbasis AI untuk perusahaan dan telah memelopori masa depan sistem pembelajaran mesin untuk berbagai industri. Berdasarkan penelitian AI selama beberapa dekade, pengalaman bertahun-tahun bekerja dengan organisasi dari semua ukuran, dan pembelajaran dari lebih dari 30.000 keterlibatan IBM Watson, IBM telah mengembangkan Tangga AI untuk penerapan kecerdasan buatan yang sukses:

  • Kumpulkan: Menyederhanakan pengumpulan dan aksesibilitas data.
  • Atur: Membuat fondasi analitik yang siap untuk bisnis.
  • Analisis: Membangun sistem berbasis AI yang dapat diskalakan dan tepercaya.
  • Infuse: Mengintegrasikan dan mengoptimalkan sistem di seluruh kerangka kerja bisnis.
  • Modernisasi: Membawa aplikasi dan sistem AI Anda ke cloud.

IBM Watson  terus berinovasi untuk mengembangkan aplikasi AI dalam berbagai bidang kehidupan manusia,  sekaligus meningkatkan otomatisasi dan efisiensi AI secara signifikan. BERSAMBUNG!

MA- Dari berbagai sumber.

Editor: Redaksi

RELATED NEWS