Mereka yang Ketiban Rejeki dari KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Flores (1)

redaksi - Sabtu, 06 Mei 2023 10:40
Mereka yang Ketiban Rejeki dari KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Flores (1)Merorah Komodo (sumber: meruorahlabuanbajo.com)

LABUAN BAJO (Floresku.com) – Pemerintah dan pengamat ekonomi meyakini bahwa seluruh rangkaian acara penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo  akan banyak memberikan manfaat langsung bagi Indonesia, terutama mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional.

Gelaran KTT ASEAN juga bisa menciptakan kontribusi lebih bagi Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dan akan mendongkrak tingka konsumsi domestik.

Bupati Manggarai Barat, NTT, Edistasius Endi mengatakan, pelaksanaan KTT ASEAN Summit  akan membawa dampak langsung bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal di Kabupaten Manggarai Barat. Ratusan delegasi dari seluruh anggota ASEAN akan membeli produk UMKM lokal di Labuan Bajo.

Menurut dia, KTT ASEAN Summit akan membawa keuntungan secara langsung kepada Kabupaten Manggarai Barat. Tidak hanya dirasakan oleh pengusaha hotel dan restoran di Labuan Bajo, tetapi juga dirasakan oleh masyarakat secara langsung.

Namun, yang paling berpotensi meraup keuntungan adalah para pengusaha jasa pehotelan. Soalnya, menjelang KTT ASEAN berlangsung, seluruh kamar hotel di berbagai area Labuan Bajo telah terisi 100 persen hingga satu bulan ke depan. 

Berikut beberapa hotel mewah yang ketiban rejeki dari event internasional yang berlangsung 9-11 Mei 2023 tersebut.

Meurorah Komodo, Milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)

Meruorah Komodo Labuan Bajo adalah bagian daro Hotel Indoesia Group yang direbranding pada tanggal 14 Oktober 2021. Sebelumnya hotel yang beroperasi dengan brand Inaya Bay Komodo.

Meruorah Komodo Labuan Bajo yang dikelola Hotel Indonesia Group merupakan salah satu projek strategis persembahan dari PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) melalui PT Indonesia Fery Property yang merupakan usaha patungan dari PT PP (Persero) Tbk.

Acara peresmian hotel Meruorah Komodo Labuan Bajo bersamaan dengan acara Seremoni Peluncuran Penggabungan BUMN Pelabuhan dan Peresmian Terminal Multipurpose Wae Kelambu Pelabuhan Labuan Bajo yang dihadiri dan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Meruorah Komodo Labuan Bajo merupakan luxury brand dengan standarisasi hotel bintang 5.

Terletak di Labuan Bajo, 1,3 km dari Pantai Wae Rana, Meruorah Komodo Labuan Bajo menawarkan akomodasi dengan kolam renang luar ruangan, tempat parkir pribadi gratis, pusat kebugaran, dan taman. Di antara fasilitas properti ini adalah restoran, lounge bersama, dan layanan kamar, serta Wi-Fi gratis di seluruh area properti. 

Akomodasi ini memiliki meja depan 24 jam, ATM, dan pengaturan wisata untuk setiap tamu.

Resor ini akan menyediakan kamar-kamar ber-AC dengan meja, teko, kulkas, minibar, brankas, TV layar datar, teras, dan kamar mandi pribadi dengan shower. 

Meruorah Komodo Labuan Bajo menyediakan beberapa unit dengan pemandangan kota, dan kamar-kamarnya dilengkapi dengan balkon. 

Di akomodasi, kamar-kamar dilengkapi dengan seprai dan handuk.

Sarapan harian menawarkan pilihan prasmanan, à la carte, atau Asia.Rekretasi bersepeda, dan rental sepeda tersedia di resor bintang 5 ini.

Pantai Pede berjarak 2,3 km dari Meruorah Komodo Labuan Bajo. Bandara terdekat adalah Bandara Internasional Komodo, 3 km dari resor.

Situs www.booking.com/hotel/id/meruorah-komodo memperlihatkan bahwa Meruorah memiliki 145 kamar dan seluruh kamar terisi penuh hingga 10 Mei. Apabila dirata-ratakan harga kamar menjar Rp 4 juta maka Merurorah Komodo meraup sekitar Rp 580 juta per malam, belum terhitung harga makan-minum dan fasilitas lainnya. 

Pada 16-17 Mei hanya 16 kamar available dengan harga kamar per 16-17 Mei 2023 berkisar dari  Rp 1,472,545 (The Signature View Type) hingga Rp 7,071,528 (The Phinizy). (Sil).

Editor: redaksi

RELATED NEWS