Mgr Sensi, Uskup KAE, Selamat Ulang Tahun

redaksi - Senin, 11 Juli 2022 13:49
Mgr Sensi, Uskup KAE, Selamat Ulang TahunMgr. Vincentius Sensi Potokota (sumber: www. Yotube.com)

JAKARTA (Floresku.com) - Hari ini, Senin, 11 Juli 2022, Uskup Keuskupan Agung Ende (KAE), Mgr Vincentius Sensi Potokota genap berusia 71 tahun.

Mengutip Katolikku.com,  pemimpin Keuskupan Agung Ende yang akrab disapa Uskup Sensi  itulahir di Saga, 11 Juli 1951. 

Setelah menjalani pendidikan di Seminari Menengah St Yohanes Berkhmans Todabelu, Mataloko dan melanjutkannya di Seminari Tinggi St Petrus Ritapiret, ia ditahbiskan menjadi imam pada 11 Mei 1980.

Ia kemudian terpilih menjadi Uskup di Keuskupan Maumere pada  14 Desember 2005, bersamaan dengan pendirian Keuskupan Maumere, sebagai pemekaran dari Keuskupan Agung Ende.

Ia menerima tahbisan episkopal pada 23 April 2006, dengan Penahbis Utama Uskup Agung Jakarta, Kardinal Julius Darmaatmadja, S.J., sementara Uskup Weetebula, Gerulfus Kherubim Pareira, S.V.D., dan Uskup Pangkal Pinang, Hilarius Moa Nurak, S.V.D. menjadi Uskup Penahbis Pendamping.

Ia kemudian terpilih menjadi Uskup Agung Ende pada 14 April 2007, terkait dengan wafatnya Mgr. Longinus da Cunha.  Ia kemudian diinstalasi pada 7 Juni 2007.

Sebagai uskup, mgr Sensi memilih motto: Praedica Verbum Opportune, Importune” (Wartakanlah Firman, baik atau tidak baik waktunya, 2 Tim. 4:2)

Selama sebagai uskup, ia bertindak sebagai Uskup Penahbis Utama dalam penahbisan Uskup Denpasar, Silvester Tung Kiem San pada 19 Februari 2009. Ia kemudian menjadi Uskup Penahbis Pendamping bagi Mgr. Edmund Woga CSsR sebagai Uskup Weetebula pada 16 Juli 2009 dan bagi Mgr. Hubertus Leteng sebagai Uskup Ruteng pada 14 April 2010.

Ia mendorong umat untuk menolak tambang di lingkungan Nusa Tenggara karena merusak lingkungan hidup.

Pada 26 September 2018, Mgr. Sensi bertindak sebagai Uskup Penahbis Pendamping bagi Mgr. Ewaldus Martinus Sedu sebagai uskup ketiga Maumere bersama dengan Uskup Larantuka, Mgr. Fransiskus Kopong Kung.

Bertindak sebagai Uskup Penahbis Utama ialah Mgr. Gerulfus Kherubim Pareira, S.V.D. yang merupakan pendahulu Mgr. Ewal di Keuskupan Maumere.  Mgr. Sensi juga memimpin ibadat salve sehari menjelang tahbisan Mgr. Ewal.

Dalam penahbisan Uskup Ruteng Siprianus Hormat yang berlangsung pada 19 Maret 2020, Mgr. Sensi bertindak sebagai Uskup Ko-konsekrator bersama dengan Uskup Denpasar Mgr. Silvester Tung Kiem San yang juga merangkap sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Ruteng. Waktu itu Kardinal Ignatius Suharyo dari Keuskupan Agung Jakarta menjadi Uskup Penahbis Utama.

Redaksi Floresku.commenyampaikan ‘Selamat  Berbahagia Uskup Sensi."

Mari kita mendoakan agar Mgr Sensi selalu sehat, diberkati dengan usia panjang dan senantiasa mengasihi dan dikasihi umat gembalaannya! *** 

RELATED NEWS