Misionaris Ulung di Bumi Congka Sae, Pater Ernezt Waser SVD, Berpulang

redaksi - Kamis, 07 September 2023 06:48
Misionaris Ulung di Bumi Congka Sae, Pater Ernezt Waser SVD, BerpulangPater Erns Waser SVD (sumber: Istimewa)

RUTENG (Floresku.com) - Pagi ini, datang kabar dari Manggarai, bumi Congka Sae, bahwa  P. Ernezt Waser sudah menghembuskan napasnya yang terakhir, Kamis, 7 September 2023, dini hari, pukul 04.00 Wita.   

Memang, kepergian Pater Waser tidak terlalu mengagetkan para konfraternya di Provinsi SVD Ruteng, karena beberapa pekan terakhir ia memasuki masa kritis, karena usianya yang sudah sangat uzur.

Ernst Waser lahir di Wolfenschiessen, Engelbert 15 Juni 1929. 

Ia menikmati masa kecil di Oberdorf, Stans dan menyelesaikan pendidikan SD hingga SMA di Stans. Tahun 1949 Ernst masuk Novisiat SVD di Sankt Augustin Jerman dan ditahbiskan menjadi imam tahun 1954.

Ernst pernah menjadi bapak asrama dan guru sekolah SVD di Marienburg Sankt Gallen Swiss. Tahun 1968 Ernst dipercayakan sebagai rektor Steinhaussen dan tahun 1971 beliau terpilih menjadi provinsial SVD Swiss. 

Awal tahun 1977 Ernst meninggalkan Steinhaussen-Swiss dan menuju tanah misi di bumi Congkasae Manggarai Flores Indonesia hingga kini. Sejak itu Ernst jarang pulang ke Steinhaussen lagi.

Februari 2022 lalu, Romo Steph Wolo menulis cukup lengkap untuk Katolikku.com, ketika menyempatkan diri mengunjungi Pater Ernst Waser yang kala itu sedang berada di kampung halamannya.

“Ernst tiba di Swiss Selasa 8 Pebruari lalu. Delapan Februari rupanya tanggal hoki buat Ernst. Tanggal 8 Pebruari 1977 Ernst menginjakkan kaki untuk pertama kali di Jakarta,” tulis Romo Steph.

Lebih lengkap silahkan baca di link berikut ini:

 https://www.katolikku.com/cerita-misi/pr-1612704767/sejenak-bersama-pater-ernst-waser-svd-orang-swiss-pencetus-misionaris-fidei-donum-flores-ke-basel-swiss?page=4

RELATED NEWS