MKKS Sekecamatan Nangaroro Gelar Porseni, 24 hingga 30 Oktober 2023

redaksi - Sabtu, 28 Oktober 2023 06:34
MKKS Sekecamatan Nangaroro Gelar Porseni, 24 hingga 30 Oktober 2023Bupati Nagekeo disambut dengan tarian tradisional jelang Pembukaan Pembukaan Porseni Sekecamatan Nangaroro, Selas (24/10). (sumber: Kominfo Nagekeo)

NANGARORO (Floresku.com) - Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekecamatan Nangaroro menggelar Pekan Olahraga dan Seni (Porseni), Selasa (24/10) hingga Senin (30/10).

 Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do di Aula Paroki St Martinus Nangaroro Selasa, 24 Oktober sore.

Hadir pada giat tersebut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nagekeo Yos Dhenga, Sekretaris Dinas Pendididkan dan Kebudayaan Kabupaten Nagekeo Sevrin Meo, Unsur Forkopincam Kecamatan Nangaroro, Ketua MKKS Kecamatan Nangaroro, Para Kepala Sekolah, guru, tokoh masyarakat, Orangtua serta tamu undangan lainnya.

Bupati Nagekeo dalam sambutannya berharap event seperti Porseni ini tidak hanya sebatas menyelenggarakan pertandingan dan perlombaan semata akan tetapi perlu dikembangkan juga kegiatan yang mengasah talenta di bidang olah pikir, olah batin dan olah qalbu.

“Saya berharap pada MKKS pertama juga menggagas kegiatan yang namanya olah qalbu. Dalam bentuk lomba baca kitab suci ada Katholik, Islam, Protestan. Ada kadha bhea yang menampilkan kata kata yang bermakna” pesan Bupati.

Menurut Bupati peserta didik perlu diajarkan berbagai macam lomba yang lengkap untuk tampil menjadi yang  lebih cepat, lebih tinggi dan lebih  kuat  Citius, Altius dan Fortius.

Lebih lanjut, Bupati mengingatkan para guru mata pelajaran dan Kepala Sekolah jenjang SMP ini diminta untuk lakukan pemetaan minat dan bakat setiap peserta didik kelas 7, 8 dan 9 sehingga pada akhir tahun ke-9 atau kelas akhir siswa tidak hanya mendapatkan ijazah akan tetapi diberikan rekomendasi ke sekolah mana yang hendak dituju apakah sekolah vokasi atau Sekolah Menengah Umum.

“Sehingga pada akhir kelas 9 anak-anak sudah tahu kemana  mereka. Sehingga investasi waktu dan materi yang telah dilakukan tidak percuma” ujar Bupati.

Honorius Jemare mewakili panitia melaporkan  peserta Porseni  diikuti oleh 10 SMP antara lain SMPN 2 Koekobho, SMPN 3 Kampung Baru, SMPN 1 Satap Riti, SMPN 2 Satap Podenura, SMPN 3 Satap Aegela, SMPN 3 Satap Sorowea, SMPN 4 Nangaroro-Lena, SMPS Manungae Ndora, SMPS St. Petrus Lokatadho,  dan SMPN 1 Nangaroro sebagai tuan rumahnya.

Dijelaskannya, kegiatan Porseni ini akan mempertandingkan 7 cabang olahraga dan 1 jenis perlombaan seni yakni paduan suara yang akan dilaksanakan selama tujuh hari aktif dimulai Selasa 24 Oktober sampai dengan 30 Oktober 2023.

Adapun pertandingan yang akan digelar diantaranya, sepak bola putra, volly putra dan putri, sepak takraw putra dan putri, tenis meja putra dan putri, badminton putra dan putri, catur putra dan putri atletik putra dan putri.

“Ada selingan atraksi berupa tarian budaya daerah setempat dan atraksi lainnya dan tidak dilombakan sebagai hiburan bagi masyarakat” jelasnya.

Porseni yang diselenggarakan ini diharapkan mampu menumbuh kembangkan talenta peserta didik yang unggul dalam bidang olahraga dan seni. Oleh sebab itu melalui  tema “Porseni ajang mengasah diri untuk meraih prestasi” kegiatan ini diharapkan mampu melahirkan anak-anak muda yang lebih berprestasi berkreativitas.

Para peserta juga diharapkan senantiasa menjunjung tinggi sportivitas untuk memajukan dunia olahraga dan dunia seni di Kecamatan Nangaroro khususnya dan Nagekeo pada umumnya. Setia peserta didik memiliki kesempatan untuk berprestasi dan menggali potensi diri di bidang olahraga dan seni.

Lanjutnya lagi melalui kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kecintaan siswa-siswi terhadap olahraga dan seni, mengembangkan minat dan bakat siswa serta menghasilkan para atlet berbakat untuk menjadi duta kecamatan dalam event yang lebih tinggi.

“Panitia telah menyiapkan 42 piala tetap dan 1 piala bergilir untuk diperebutkan sebagai juara 1,2 dan 3  untuk setiap mata pertandingan dan perlombaan. Selain itu piala bergilir MKKS sebagai juara 1 umum  dan yang stimulant” ungkap Dia.

Ketua MKKS SMP Tingkat Kecamatan  Nangaroro Andreas Sando mengatakan event ini sebelumnya dikenal dengan sebutan Pekan Olahraga Kecamatan (POPCAM) dan diselenggarakan setiap tahun.

Kegiatan Porseni yang diselenggarakan ini menyadarkan dan mengingatkan satu hal penting yakni berkaitan dengan talenta peserta didik oleh karena itu ia berharap kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan Porseni yang diselenggarakan  selama kurang  lebih satu Minggu ke depan diikuti secara baik.

“Ini merupakan kesempatan yang langka, ekspresikan diri dengan sportif, penuh rasa percaya diri dan semangat juang yang tinggi, kehangatan dan persaudaraan pada awal perjumpaan ini akan tercipta sampai puncaknya  acara nanti,” pesannya.

Ia mengajak kepada seluruh peserta  untuk sukseskan kegiatan Porseni ini  dengan kedepankan rasa persaudaraan no bully karena event ini adalah ajang temu peserta didik untuk mengekspresikan minat dan bakat diri. “Tetap jaga kebersamaan dan kekompakan, ingat lihatlah samping kiri kanan sebagai saudara” pintanya.(Sevrin/RSN)

Editor: redaksi

RELATED NEWS